5 Teknik Kuncian dalam Pencak Silat, Mudah Dipelajari

5 Teknik Kuncian dalam Pencak Silat, Mudah Dipelajari

Pencak silat adalah seni bela diri asal Indonesia. Dalam pencak silat terdapat beberapa teknik kuncian yang bisa dilakukan sebagai senjata melumpuhkan lawan. Melakukan teknik kuncian pencak silat ini juga bisa menahan gerakan lawan saat melakukan penyerangan. Saat melakukan kuncian harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa memicu cidera.

Teknik Kuncian Lengan Atas

Teknik kuncian pertama adalah dengan membidik lengan bagian atas lawan. Teknik kuncian ini bisa dilakukan saat lawan melepaskan pukulan ke arah atas. Jenis kuncian bisa berhasil karena lawan akan fokus menyerang. 

Teknik Kuncian Pinggang Lawan

Teknik kuncian ini tubuh lawan yang diincar adalah bagian pinggang dan punggung. Melakukan teknik kuncian dengan cara menekan lutut lawan sehingga lawan tersungkur lalu menarik bahu atau badan bagian atas ke arah belakang guna melancarkan kuncian.

Teknik Kuncian Pencak Silat (Olahragapedia)

Teknik Kuncian Pergelangan Kaki

Teknik kuncian pencak silat menyasar pergelangan kaki lawan termasuk kuncian yang mudah dilakukan. Caranya cukup menendang bagian pergelangan kaki lawan. Lakukan tendangan yang keras dan bertenaga ke arah lawan.

Teknik Kuncian Cegah Lawan Menangkap Kaki

Cara melakukan teknik kuncian ini dengan menekuk kaki lawan lalu menangkap bahu atau bagian lengan atasnya. Setelah itu putar sehingga lawan bisa jatuh tersungkur. Teknik kuncian ini mirip dengan teknik kuncian lengan atas.

Teknik Kuncian Menyerang Lengan Atas Lawan

Teknik kuncian pencak silat ini menyasar lengan bagian atas lawan sebagai sasaran. Cara lakukan teknik kuncian ini dengan menangkap lengan bagian atas. Lalu memutarkan ke belakang sehingga lawan menjadi sulit bergerak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"