Pencak Silat Berasal dari Daerah Mana Sih? Yuk Belajar Sejarah Dulu

Pencak Silat Berasal dari Daerah Mana Sih? Yuk Belajar Sejarah Dulu

Pencak silat merupakan seni bela diri asal Indonesia. Namun ada yang tahu nggak pencak silat berasal dari daerah mana di Indonesia? Sebab pencak silat sendiri tidak hanya menjadi sebuah olahraga, melainkan menjadi budaya dari daerah Indonesia yang sangat melekat dengan budaya ketimuran. Budaya tersebut pun terlihat jelas dalam sebuah pertandingan silat.

Misalnya para pesilat menunduk dulu sebelum memulai pertandingan dan sesudah bertanding. Menunduk atau posisi menunduk adalah sebuah tanda kesantunan budaya Indonesia yang ada dalam pencak silat. Terkait pencak silat berasal dari daerah mana di Indonesia, ada yang menyebut bahwa pencak silat berasal dari tanah jawa.

Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa pencak silat justru pertama kali muncul di daerah Riau atau pada zaman Kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke-7. Saat itu gerakan-gerakan dalam pencak silat masih sangat sederhana berupa gerakan tangan dan kaki. Kemudian banyak orang-orang dari Sumatera yang membawa pencak silat ke daerah lain di Indonesia, salah satunya Pulau Jawa.

Misalnya pencak silat sempat juga populer di Kerajaan Majapahit di Jawa sekitar abad ke-6. Kerajaan Majapahit menggunakan pencak silat sebagai ilmu perang untuk memperluas wilayah kekuasaannya dengan mengalahkan kerajaan atau musuh-musuhnya lewat pencak silat tersebut dan terbukti berhasil.

Pencak Silat Berasal dari Daerah Mana Sih, Yuk Belajar Sejarah Dulu (Halodoc)

Pencak silat berasal dari daerah di Indonesia pun akhirnya terus meluas sampai berkembang di seluruh nusantara. Bahkan negara-negara di sekitar Indonesia pun mulai mempelajari pencak silat, seperti Malaysia, Singapura. Brunei Darussalam, hingga Thailand. Kemajuan pencak silat membuat mulai muncul perguruan pencak silat di Indonesia yang masih ada sampai sekarang.

Salah satu perguruan pencak silat tertua di Indonesia ada di Bogor, Jawa Barat yakni perguruan Pencal Silat Cimande. Silat Cimande berasal dari kawasan Bogor, Jawa Barat. Nama silat Cimande berasal dari desa Cimande. Perguruan silat Cimande menjadi salah satu perguruan silat tertua yang ada di Indonesia. Banyak orang yang berguru di perguruan silat ini yang kabarnya mulai ada sejak ratusan tahun yang lalu. 

Salah satu sosok penting dalam perkembangan perguruan silat Cimande adala kemunculan sosok bernama Eyang Kahir atau Mbah Kahir, Eyang Kahir adalah guru pertama perguruan silat Cimande. Konon Si Pitung pendekar asal Betawi sempat menimba ilmu silat di Cimande dan menjadi murid Eyang Kahir.

Perguruan silat Cimande menjadi terkenal karena ilmu silat menyebar dari pesantren ke pesantren oleh para santri dan kiai. Pencak silat Cimande disebut sebagai pelopor lahirnya berbagai aliran pencak silat lainnya di Indonesia. Banyak alumni perguruan silat Cimande yang mendirikan perguruan silat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"