Lokasi Kantor PSSI di Mana? Sempat Pindah-pindah dan Sekarang Ada di Tempat Ini

Lokasi Kantor PSSI di Mana? Sempat Pindah-pindah dan Sekarang Ada di Tempat Ini

Kantor PSSI sempat berpindah-pindah sejak organisasi sepak bola terbesar di Indonesia itu resmi dibentuk pada 19 April 1930 di Yogyakarta. Lokasi kantor PSSI sekarang pun nampaknya sudah menetap di kawasan Senayan, Jakarta Pusat tepatnya di GBK Arena. Namun jika ibu kota pindah ke IKN di Kalimantan Tengah, apakah kantor PSSI akan ikut pindah?

Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menuturkan jika pemerintah sudah menjanjikan tanah seluas 30-50 hektar untuk pembangunan training sepak bola di IKN. Kemungkinan besar kantor PSSI akan ikut pindah, mengingat aturan FIFA menyebutkan bahwa kantor organisasi sepak bola harus berada di ibu kota negara tersebut.

Meski tidak diketahui kapan resminya kantor PSSI akan pindah, namun sejarah mencatat bahwa perpindahan kantor PSSI disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari dualisme kepemimpinan Ketua Umum PSSI hingga renovasi di stadion Gelora Bung Karno. Berikut jejak perpindahan kantor PSSI.

Lokasi Kantor PSSI (Tempo.co)

Kantor PSSI pertama ternyata di kawasan Lapangan IKADA yang kini disebut Lapangan Monas. Pada tahun 1954 PSSI kemudian memutuskan untuk pindah ke Jalan Semarang 7 Jakarta Pusat. Saat pembangunan Stadion GBK sudah selesa pada 1961, lokasi kantor PSSI pun ikut pindah ke di stadion terbesar ke-2 di Indonesia saat ini.

Kantor PSSI berada di dekat pintu X-X1 Stadion GBK. Di tempat itu juga kantor PSSI paling lama beroperasi sekitar 50 tahun dengan kepemimpinan Ketua Umum PSSI yang berbeda-beda. Barulah pada tahun 2013 PSSI memutuskan untuk melakukan renovasi kantor, bertepatan dengan dualisme kepemimpinan PSSI. Kantor PSSI yang dulunya ada di pintu X-XI kemudian dipindahkan ke pintu 1 Stadion GBK.

Pada tahun 2015 di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin, PSSI kembali melakukan renovasi kantor untuk yang kedua kalinya. Dana yang dihabiskan untuk melakukan renovasi cukup besar, sekitar Rp 13 miliar. Namun kantor PSSI pun kembali harus pindah karena Stadion GBK akan direnovasi total untuk perhelatan ASIAN Games 2018.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"