Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Begini Plus Minus dan Aturannya

Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Begini Plus Minus dan Aturannya

Beberapa aktivitas dilakukan seseorang sebelum dan sesudah berolahraga, seperti melakukan pemanasan, pendinginan, dan makan. Ada yang memilih makan sebelum olahraga namun ada yang makan sehabis olahraga. Lalu lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga?

Mungkin orang yang kebiasaan makan sebelum olahraga merasa tubuh harus mendapatkan asupan dari makanan yang dikonsumsi, sebagai energi atau sumber kekuatan saat berolahraga. Sementara orang menghindari makan sebelum olahraga karena khawatir merasa mual dan makanan kembali keluar saat berolahraga. Makanya memilih untuk makan setelah olahraga saja.

Ternyata makan sebelum dan sesudah olahraga itu sama-sama diperbolehkan selama dilakukan dengan syarat dan aturan yang sesuai. Menyantap makanan terlalu banyak sebelum olahraga bias memicu gangguan sistem pencernaan dan menyebabkan perut sakit ketika berolahraga. Biasanya terjadi karena salah makan makanan sebelum olahraga.

Lalu benarkah olahraga dengan kondisi perut kosong bisa membuat pembakaran kalori lebih maksimal dalam lemak tubuh? Justru olahraga dengan kondisi tubuh belum mendapatkan asupan makanan membuat jadi lemas dan kekurangan energi. Tentu kondisi ini membuat seseorang jadi tidak semangat dan tidak ada proses pembakaran kalori.

Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga (Halodoc)

Pembahasan lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga bisa melihat dari kondisi tubuh yang membutuhkan waktu untuk mencerna makanan dan memprosesnya menjadi energi yang bisa digunakan untuk beraktivitas dan olahraga. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan tergantung dalam jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. 

Makanan dengan lemak, protein, dan serat tinggi butuh waktu cerna lebih lama. Begitu juga dengan porsi makanan yang banyak. Makanya jika ingin makan sebelum olahraga, perlu mengatur waktu makan dan olahraga dan jenis makanan apa yang dimakan. 

Sebelum olahraga boleh makan makanan rendah lemak dan kalori, sekitar tiga atau empat jam sebelum memulai olahraga. Makanan yang bisa disantap seperti roti gandum yang dicampur telur, sereal dan susu. Bisa juga menyantap makanan yang lebih ringan namun menyehatkan seperti buah, yoghurt rendah lemak, dan jus buah.

Untuk kamu yang kebiasaan makan setelah olahraga, juga tidak boleh sembarangan. Perlu mengatur waktu kapan jam yang tepat setelah makan dan jenis makanan apa saja yang harus dimakan. Idealnya setelah olahraga diperbolehkan makan minimal 15-30 menit. Makanan itu bisa menggantikan energi dalam tubuh yang sudah dibakar saat olahraga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"