6 Jenis Makanan yang Boleh Dimakan Habis Olahraga, Tubuh Gak Bakal Melar

6 Jenis Makanan yang Boleh Dimakan Habis Olahraga, Tubuh Gak Bakal Melar

Selesai olahraga tubuh akan merasa lelah dan kadang muncul rasa lapar. Banyak orang yang langsung makan setelah selesai olahraga. Sayangnya tidak semua orang tahu bahwa ada makanan-makanan yang boleh dimakan habis olahraga. Tidak sedikit yang salah makan dan malah badan jadi melar. Jadi malah pusing kan?

Memang asupan dan nutrisi dalam makanan bisa membuat tubuh kembali segar pasca olahraga. Nutrisi yang dibutuhkan setelah olahraga harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Lalu makanan apa saja yang dianggap tepat dimakan setelah olahraga? Berikut ulasannya dilansir dari Cleveland Clinic.

Greek Yoghurt

Greek yoghurt berbeda dengan yoghurt biasa.Sebab yoghurt jenis ini memiliki kandungan gula yang sedikit. Greek yoghurt sudah menjalani proses fermentasi susu yang diubah menjadi karbohidrat. Biar rasanya tambah enak greek yoghurt bisa kok ditambahkan campuran bahan lain seperti kiwi, kacang-kacangan, dan kacang almond.

6 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Habis Olahraga, Tubuh Gak Bakal Melar (Kompas.com)

Oatmeal

Oatmeal biasanya dijadikan menu sarapan bagi orang yang sedang diet. Namun oatmeal juga bisa dikonsumsi pada malam hari setelah anda berolahraga. Oatmeal mengandung unsur karbohidrat yang cukup kompleks. Oatmeal juga terdapat hormone melatonin atau hormone tidur sehingga membuat istirahat jadi nyenyak usai berolahraga. 

Buah-buahan

Buah-buahan sudah pasti memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dimakan usai olahraga. Cobalah makan buah-buahan yang memiliki banyak serat dan mudah dicerna seperti nanas, beri, pisang, dan kiwi.  Buah-buahan yang mengandung gula alami bisa membantu memecah asam amino dan mencegah peradangan pada otot usai olahraga.

Telur Rebus

Telur rebus dimakan sebagai lauk pauk. Tapi makan telur rebus setelah olahraga juga disarankan karena memiliki manfaat lho. Telur rebus bisa merangsang pertumbuhan dan perbaikan otot. Bahkan makan telur rebus dengan campuran kuning telur lebih baik dibandingkan makan telur putihnya saja. Sebab dalam kuning telur terdapat kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam folat, hingga zat besi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"