Ini Bedanya Sepeda Hybrid dan Sepeda MTB

Ini Bedanya Sepeda Hybrid dan Sepeda MTB

Sepeda hybrid dan sepeda MTB atau sepeda gunung merupakan dua sepeda yang kadang dianggap sama. Padahal ada bedanya sepeda hybrid dan sepeda MTB. Meskipun sepeda hybrid adalah kombinasi atau gabungan antara sepeda MTB dan sepeda balap atau road bike. 

Sepeda hybrid banyak disukai pencinta sepeda karena bisa digunakan dalam berbagai tempat yang cocok dan sangat tangguh. Beberapa jenis sepeda hybrid pilihan antara lain merek Polygon, Decathlon, dan United Bike dengan berbagai model. Berikut beberapa perbedaan sepeda hybrid dan sepeda MTB.

Konsep Sepeda

Perbedaan pertama sepeda hybrid dan sepeda MYB adalah pada konsep sepeda itu sendiri. Sepeda hybrid memiliki konsep ganda yakni gabungan sepeda MTB dan road bike. Sementara sepeda MTB memang disebut sepeda gunung.

Bedanya Sepeda Hybrid dan Sepeda MTB (sepeda.me)

Kondisi Jalan

Bedanya sepeda hybrid dan sepeda MTB juga dilihat dari kondisi jalan. Sepeda hybrid bisa digunakan untuk di jalan beraspal dan jalan-jalan di pegunungan atau dataran tinggi. Bedanya dengan sepeda MTB lebih cocok dipakai untuk melewati jalan pegunungan dibandingkan jalan beraspal.

Ketahanan Sepeda

Meskipun sepeda hybrid bisa dipakai di jalan dengan medan menanjak atau bergelombang, tetapi ketahanan sepeda hybrid kurang baik dibandingkan sepeda MTB bila dipakai di daerah pegunungan. Sementara sepeda MTB lebih kuat dan garang saat digunakan di daerah pegunungan. 

Jenis Ban

Sepeda hybrid dan MTB memiliki jenis ban yang berbeda. Konstruksi ban yang digunakan sepeda hybrid lebih tipis dibandingkan sepeda MTB. Namun permukaan sepeda hybrid dirancang sengaja bergerigi mirip sepeda MTB supaya tidak selip saat melaju di jalan beraspal dan teta aman.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"