7 Bagian Kitab Ramayana Yang Menceritakan Kisah Hidup Sri Rama

7 Bagian Kitab Ramayana Yang Menceritakan Kisah Hidup Sri Rama

Kitab Ramayana adalah salah satu peninggalan sejarah yang ditulis oleh Walmiki. Kitab Ramayana menceritakan kisah kepahlawanan Sang Rama, raja terkenal dari India, yang memerintah di Kerajaan Kosala, di sebelah utara Sungai Gangga, dengan ibu kota di Ayodhya.

Di dalam Kitab Ramayana diceritakan tentang kisah Rama dan Shinta atau Sita, inkarnasi dari Laksmi yang merupakan istri Dewa Wisnu. Selain itu, diceritakan pula kepahlawanan Rama dan perjalanannya mengalahkan raksasa Rahwana.

https://id.pinterest.com/

Kitab Ramayana dibagi atas tujuh Saptakanda yang terdiri dari 24.000 sloka (ayat). Berikut bagian-bagian dalam kitab Ramayana.

1. Balakanda

Kitab Balakanda menceritakan tentang Prabu Dasarata yang memiliki tiga permaisuri, yaitu Kausalya, Keikayi, dan Sumitra. Dari ketiga permaisurinya, Prabu Dasarata mempunyai empat putra, yaitu Rama, Bharata, Lakshmana dan Satrughna. Pada kitab ini diceritakan pula kisah Sang Rama yang berhasil memenangkan sayembara dan memperistri Shinta, putri Prabu Janaka.

2. Ayodhyakanda

Kitab Ayodhyakanda menceritakan silsilah keluarga dari Prabu Dasarata. Prabu Dasarata yang telah tua bermaksud menobatkan Rama sebagai putra mahkota dan calon penggantinya. Namun atas permintaan Keikayi, Rama diusir ke hutan rimba selama 14 tahun dan Bharata dinobatkan sebagai pewaris takhta. Saat Prabu Dasarata wafat, Bharata menolak dinobatkan sebagai raja dan menyusul Rama untuk memintanya kembali. Setelah Bharata gagal membujuk Rama kembali ke Ayodhya, ia memerintah kerajaan atas nama kakaknya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"