Teknik Bersepeda MTB, 3 Cara Ini Bisa Dipelajari Pemula

Teknik Bersepeda MTB, 3 Cara Ini Bisa Dipelajari Pemula

Mountain bike atau MTB atau yang dikenal dengan sepeda gunung adalah jenis sepeda yang digunakan seseorang saat berjalan di daerah seperti gunung atau perbukitan. Ciri khas sepeda MTB yang paling terlihat adalah ukuran ban sepeda yang lebih besar dibandingkan sepeda jenis lainnya. Teknik bersepeda MTB juga perlu diketahui bagi pemula. 

Pedaling

Teknik pedaling adalah teknik bersepeda MTB yang pertama. Teknik pedaling sangat mempengaruhi kelancaran perjalanan. Teknik pedaling ini dimulai dengan menyetel pedal dalam posisi yang tepat. Usahakan menyetel pedal sepeda yang tinggi sehingga posisi kaki akan lurus seperti jarum jam menunjukkan angka 6.

Letak telapak kaki pada pedal juga harus diperhatikan. Letakkan pada bagian depan setelah jari-jari kaki. Posisi ini akan membuat tenaga yang dikeluarkan lebih optimal sehingga kaki tidak cepat lelah.

Teknik Bersepeda MTB (IDN Times)

Shifting

Teknik bersepeda MTB selanjutnya adalah shifting. Teknik ini mengganti gir dengan memindahkan gir depan dengan tangan kiri dan gir belakang dipindahkan dengan tangan kanan. Pada sepeda MTB, kombinasi gir depan dan gir belakang akan membuat pesepeda mudah dalam melewati jalur yang ekstrem.

Perpindahan gir depan dan belakang dalam sepeda MTB harus dilakukan dengan tepat. Saat perpindahan gir, pedal dikayuh. Selain itu lakukan perpindahan gir satu ke gir lain dengan jeda satu kayuhan. Hal ini dilakukan agar rantai sepeda tidak putus atau bagian gir ada yang patah.

Breaking

Satu lagi teknik bersepeda MTB yakni pengereman. Pengereman sepeda tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Caranya dengan meletakan telunjuk dan jari tengah di tuas rem dengan cengkraman yang tepat. Jari lain berfungsi untuk mengendalikan setang sepeda. 

Dalam posisi ini pesepeda siap melakukan breaking kapan saja tanpa harus melakukan pergantian jari. Dalam teknik pengereman kombinasikan rem depan dan rem belakang agar pengereman dapat berjalan dengan baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"