Gantengnya Filip Nguyen, Kiper Timnas Vietnam yang Jadi Pemain Naturalisasi

Gantengnya Filip Nguyen, Kiper Timnas Vietnam yang Jadi Pemain Naturalisasi

Filip Nguyen kiper timnas Vietnam  akan menjaga gawangnya dari serangan pemain timnas Indonesia. Laga Indonesia vs Vietnam akan berlangsung pada 21 Maret 2024 dan 26 Maret 2024, Filip Nguyen menjadi satu-satunya pemain Vietnam yang merupakan pemain naturalisasi.

Saat ini Filip bermain untuk klub di Vietnam, Chong An Ha Noi (CAHN) FC. Filip resmi menjadi pemain klub tersebut pada 1 Juli 2023 lalu. Sebelum membela klub Vietnam, Filip malang melintang membela klub di Liga Ceko, Slovacko. 

Filip memutuskan untuk pindah warga negara menjadi orang Vietnam. Proses naturalisasi selesai pada Desember tahun lalu. Proses naturalisasi Filip berjalan sangat cepat. Bayangkan saja dia hanya punya waktu sekitar satu bulan untuk bisa bermain bersama timnas Vietnam di ajang Piala Asia 2023 di Qatar.

Kiper Timnas Vietnam (Suara.com)

Sebenarnya sebagai pesepak bola di Ceko, Filip cukup terkenal. Ia bahkan masuk dalam skuad timnas Ceko di ajang UEFA Nations League 2020-2021. Namun Filip memilih untuk ikut bersama Vietnam sebagai pemain naturalisasi.

Filip langsung menjadi kiper utama timnas Vietnam. Pada pertandingan pertama di Piala Asia, Filip dibobol empat gol oleh Jepang. Kemudian pada pertandingan kedua, Vietnam dikalahkan Indonesia dengan skor 1-0. Dan, pada pertandingan terakhir Vietnam kembali gagal meraih poin setelah dikalahkan Irak dengan skor 3-2.

Tentu proses adaptasi sebagai kiper di timnas Vietnam harus dia lakukan. Apalagi sang pelatih Phillipe Troussier dikenal sebagai juru taktik yang menerapkan disiplin untuk anak-anak asuhnya termasuk Filip.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"