Fakta-fakta Timnas Yordania yang Tembus Final Piala Asia 2023

Fakta-fakta Timnas Yordania yang Tembus Final Piala Asia 2023

Yordania  secara mengejutkan berhasil tampil di final Piala Asia 2023. Padahal timnas negara di Asia Barat ini tidak diunggulkan untuk masuk ke babak final. Yordania diprediksi kalah bersaing dari negara-negara kuat di Asia lainnya seperti Korea Selatan, Arab Saudi, hingga Iran. Piala Asia 2023 memang penuh kejutan. Ini fakta-fakta Yordania tampil di final Piala Asia 2023.

Bukan Tim Unggulan

Hanya berada di peringkat ke-71 dalam ranking FIFA, Yordania tidak diunggulkan bisa menjadi peringkat kedua Piala Asia 2023. Yordania juga tidak memiliki sejarah sebagai negara yang berprestasi dalam kancah sepak bola di Asia. Yordania juga tidak diperkuat pemain-pemain kelas dunia.

Namun kekompakkan pemain-pemain membuat Yordania berhasil lolos ke fase grup hingga pertandingan final. Salah satu kekuatan Yordania karena bukan jadi tim unggulan membuat mereka tak memiliki beban untuk tampil di Piala Asia.

Yordania Piala Asia 2023 (detikcom)

Kalahkan Favorit Juara

Banyak pengamat sepak bola yang meramalkan pertandingan final Piala Asia adalah tuan rumah Qatar melawan Korea Selatan. Namun siapa sangka pada babak semifinal, Yordania malah mengalahkan Korea Selatan dan menghentikan langkah negara tersebut untuk meraih title juara Piala Asia 2023.

Dua gol yang dicetak oleh Yazan Al-Naimat dan Musa Al-Taamari membenamkan Korea Selatan dengan skor 2-0. Kemenangan itu sekaligus mencetak sejarah Yordania untuk bisa lolos ke final Piala Asia untuk pertama kalinya.

Dikalahkan Tuan Rumah

Pada babak final Yordania memang menghadapi tim tangguh sekaligus tuan rumah Qatar. Pada pertandingan yang berlangsung pada Sabtu, 10 Februari 2024 Qatar berhasil memenangkan laga  dengan skor 3-1. Ketiga gol Qatar dicetak oleh Akram Afif lewat tendangan penalti. Kekalahan itu  memang menyedihkan namun Yordania sudah tampil luar biasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"