Daftar Stadion di Indonesia yang Bertaraf Internasional, Warga +62 Harus Bangga

Daftar Stadion di Indonesia yang Bertaraf Internasional, Warga +62 Harus Bangga

Stadion sepak bola di Indonesia banyak yang dibangun atau direnovasi sebagai tempat pertandingan kompetisi Liga Indonesia atau Liga 1. Beberapa stadion di Indonesia yang bertaraf internasional pun membuat penonton yang datang menyaksikan pertandingan akan berdecak kagum dengan suasana stadion yang megah.

Apalagi seluruh masyarakat Indonesia memiliki mimpi besar andai Piala Dunia bisa digelar di tanah air suatu hari nanti. Untuk pemanasan pada tahun 2023 mendatang beberapa stadion akan jadi venue ajang Piala Dunia U-20. Paragram mencoba merangkum daftar stadion di Indonesia yang bertaraf Internasional. 

Gelora Bung Karno

Stadion Gelora Bung Karno atau GBK menjadi salah satu stadion terbesar yang ada di Indonesia. Stadion yang dulunya bernama Stadion Utama Senayan ini akan jadi arena pertandingan Piala Dunia U-20. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 77.193 penonton. Stadion GBK dikabarkan akan pilihan tempat pembukaan Piala Dunia U-20.

Pesona Stadion GBK juga sudah mendunia karena menjadi venue ASIAN Games 2018 silam, termasuk tempat upacara pembukaan dan penutupan ajang olahraga negara-negara di Asia. Stadion GBK memiliki standar internasional karena memiliki kualitas rumput nomor satu, menggunakan listrik tenaga surya, ratusan toilet, dan fasilitas lift.

Daftar Stadion di Indonesia yang Bertaraf Internasional, Warga +62 Harus Bangga (Kompas.com)

Jakarta Intenational Stadium

Stadion di Indonesia yang bertaraf internasional adalah Jakarta Internasional Stadium atau JIS. JIS berada di kawasan Jakarta Utara. Stadion megah yang desainnya mirip stadion di Eropa memang dibangun untuk menjadi salah satu stadion pilihan setelah stadion GBK. Stadion ini rencananya sebagai tempat kandang tim Persija Jakarta.

Stadion JIS memiliki kapasitas sekitar 82 ribu tempat duduk. Kabarnya stadion ini merupakan stadion terbesar yang ada di Indonesia. Beberapa fasilitas yang dimiliki Stadion JIS tidak ada yang dimiliki Stadion GBK, seperti rumput lapangan jenis hybrid, atap stadion yang bisa dibuka dan tutup secara otomatis, dan sound system dengan teknologi canggih.

Manahan

Dari Jakarta beralih ke Jawa Tengah, tepatnya di kota Solo. Stadion Manahan menjadi stadion bertaraf internasional di Jawa Tengah. Setelah direnovasi beberapa waktu lalu, stadion yang jadi lokasi foto pre wedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ini memang memiliki desain dan bentuk yang modern.

Meski hanya menampung sekitar 20 ribu kursi penonton, namun pada ajang ASEAN Para Games 2022 lalu, stadion yang berada di pusat kota Solo ini menjadi venue pertandingan. Manahan juga menjadi salah satu stadion di Piala Dunia U-20 mendatang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"