Daftar Stadion di Indonesia yang Berstandar FIFA

Daftar Stadion di Indonesia yang Berstandar FIFA

FIFA sudah menentukan stadion sepak bola dengan standar internasional. Stadion sepak bola di Indonesia pun sudah ada beberapa yang berstandar FIFA. Artinya stadion tersebut bisa digunakan sebagai tempat pertandingan skala internasional hingga ajang Piala Dunia. 

Tentu tidak semua stadion punya standar tinggi ala FIFA. Stadion berstandar FIFA harus memiliki syarat seperti are luar stadion yang aman termasuk adanya akses transportasi penunjang menuju stadion dan lokasi tempat parkir kendaraan yang memadai.

Kemudian kapasitas stadion juga diperhatikan secara struktural dan teknis. Yang tak boleh dilupakan setiap stadion harus ada rambu-rambu penunjuk arah untuk membantu penonton untuk masuk dan keluar stadion. Untuk kapasitas minimal 5.000 bangku atau 1.000 kursi tertutup.

Stadion di Indonesia yang Berstandar FIFA (Kompas.com)

Baru-baru ini Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan ada lima stadion sepak bola di Indonesia yang berstandar FIFA. Kelima stadion itu adalah Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, dan Stadion I Wayan Dipta Bali.

Artinya kelima stadion itu bisa jadi dipilih FIFA sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia pada akhir tahun mendatang. Namun Stadion Gelora Bung Karno kabarnya dicoret sebagai lokasi pertandingan karena bersamaan dengan Piala Dunia U-17 akan digelar konser Coldplay pada 15 November 2023 mendatang.

Justru Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung tidak masuk dalam kategori stadion yang berstandar FIFA. Padahal Presiden Jokowi sempat menyebut stadion itu sebagai rekomendasi tempat Piala Dunia U-17 2023 nanti. 

Berkapasitas sekitar 30.100 tempat duduk, Si Jalak Harupat pernah menjadi kandang klub Persib Bandung selama beberapa tahun sebelum akhirnya pindah ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Stadion ini sempat didatangi oleh FIFA ketika melakukan pemeriksaan sejumlah faislitas jelang Piala Dunia U-20 2023.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"