Megahnya Dua Stadion Sepak Bola di Arab Saudi: King Abdullah Sport City dan King Fahd International Stadium

Megahnya Dua Stadion Sepak Bola di Arab Saudi: King Abdullah Sport City dan King Fahd International Stadium

King Abdullah Sport City dan King Fahd International Stadium merupakan dua stadion sepak bola di Arab Saudi. Dua stadion itu tercatat menjadi stadion terbesar di Arab Saudi karena bisa menampung penonton lebih dari 60 ribu orang. Tak ayal banyak pencinta sepak bola di Arab Saudi yang bakal datang ke stadion kala klub-klub bertanding.

Saat ini sepak bola Arab Saudi sedang berkembang pesat. Kekuatan uang berhasil menggoda pemain top dunia untuk pindah ke Arab Saudi, sebut saja Cristiano Ronaldo, Neymar, hingga Karim Benzema. Bukti sepak bola digarap serius di Arab Saudi dengan munculnya dua stadion terbesar tersebut. Berikut penjelasan tentang dua stadion tersebut.

King Abdullah Sport City

Stadion King Abdullah Sport City terletak di Jeddah. Pihak yang mendesain bangunan ini adalah Arup Associates. Kapasitas stadion mencapai 60.241 tempat duduk. Pembangunan stadion dimulai pada tahun 2012 dan memakan waktu dua tahun pengerjaan. Pada 1 Mei 2014 King Abdullah Sport City resmi dibuka.

Pertandingan pertama di stadion ini adalah Al-Ahli menghadapi Al-Shahab dengan kemenangan Al-Shahab 3-0. King Abdullah Sport City menjadi kandang bagi dua klub besar Arab Saudi yakni Al-Ittihad dan Al-Ahli.

Stadion Sepak Bola di Arab Saudi (Tribun Kaltim)

King Fahtd International Stadium

Stadion sepak bola di Arab Saudi yang berkapasitas lebih besar dari King Abdullah Sport City adalah King Fahd International Stadium atau Stadion Raja Fahd. Letak stadion ini strategis karena ada di ibu kota Arab Saudi, Riyadh. Stadion ini resmi dibuka pada tahun 1987 dan beberapa kali menjalani renovasi.

Kapasitas King Fahd International Stadium mencapai 75.000 penonton. Stadiun ini jadi yang terbesar di Arab Saudi. Stadion King Fahd menjadi kandang timnas Arab Saudi saat menjalani pertandingan. Beberapa klub di Arab Saudi diketahui juga menjadikannya markas yakni Al Hilal, Al Nassr, dan Al Shahab.

Sebagai stadion nomor satu di Arab Saudi, bangunan ini memiliki teknologi yang modern. Mulai dari atap stadion yang menutupi area stadion. Atap stadion itu membuat matahari tidak akan bisa menembus ke bangku penonton.

Atap stadion itu sekaligus bisa memberikan kenyamanan udara panas Arab Saudi yang banyak gurun pasir. Sepanjang sejarah di stadion ini pernah digunakan sebagai venue turnamen sepak bola dunia yakni Piala Konfederasi FIFA tahun 1992 dan 1995, serta Piala Dunia U-20 di tahun 1989. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"