Apa Itu Exco PSSI? Berikut Penjelasan Tentang Tugas dan Syarat Jadi Anggota

Apa Itu Exco PSSI? Berikut Penjelasan Tentang Tugas dan Syarat Jadi Anggota

Sebentar lagi PSSI akan menyelenggarakan “hajatan” besarnya yakni Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih ketua umum yang baru. Exco PSSI periode 2019-2023 sudah menyiapkan KLB tersebut. Lalu apa itu Exco PSSI? Dan, tugasnya apa saja? Apakah Exco PSSI memiliki wewenang besar menyangkut keputusan di PSSI?

Exco PSSI memiliki nama lain yang disebut Komite Eksekutif. Pada kongres tahun 2019 lalu terpilih 15 orang yang menjadi Exco PSSI. Satu dari 15 orang tersebut adalah Ketua Umum PSSI 2019-2023,  Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. Selain Iwan, ada Wakil Ketua Umum PSSI yakni Cucu Soemantri dan Iwan Budianto yang masuk dalam Exco PSSI.

Untuk anggota Exco PSSI 2019-2023 adalah Yoyok Sukawi, Dirk Soplanit, Endri Erawan, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman, Pieter Tanuri, Sonhadji, Ahmad Riyadh, Hasani Abdul Gani, Yunus Nusi, Vivin Cahyani. 

Terkait status anggota Exco PSSI memang sudah diatur dalam Pasal 38 Ayat 1 dan 3 Statuta PSSI 2019, dimana tertulis Exco PSSI terdiri dari 1 ketua umum, 2 wakil ketua umum, 12 anggota yang salah saunya adalah perempuan. Selama menjadi Exco PSSI, 15 orang itu memiliki masa jabatan selama empat tahun dan dapat dipilih pada periode berikutnya, tetapi tidak memegang jabatan Exco PSSI selama tiga periode baik berturut-turut maupun tidak.

Apa Itu Exco PSSI (CNN Indonesia)

Apa itu Exco PSSI terkait tugasnya juga menjadi pertanyaan. Exco PSSI memiliki beberapa tugas. Saat ini bersama Sekretaris Jenderal PSSI, anggota Exco PSSI bersama-sama menyiapkan kongres PSSI, mulai dari Kongres Biasa dan Kongres Luar Biasa. Selain tugas menyiapkan kongres, Exco PSSI juga bertugas menyetujui dan menerbitkan Peraturan Internal Organisasi PSSI.

Exco PSSI juga memutuskan untuk membentuk Komite Ad-Hoc setiap saat jika diperlukan. Exco PSSI harus menyusun peraturan bagi Komite Tetap dan Komite Ad-Hoc. Para Exco PSSI juga memastikan Statuta PSSI harus dipatuhi dan diterapkan dalam penyusunan Komite Eksekutif yang dibutuhkan dalam penerapannya.

Satu lagi tugas Exco PSSI yang cukup berat adalah menjaga agar iklim sepak bola di Indonesia termasuk kompetisi dalam keadaan baik. Sehingga jika ada kasus seperti yang terjadi setelah pertandingan Arema FC VS Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Exco PSSI akan turun tangan melakukan penyelidikan.

Calon Exco PSSI juga harus mendaftarkan sambil mengisi berkas yang harus diisi dengan dukungan dari salah satu anggota PSSI. Kemudian dokumen jika sudah diisi dengan lengkap maka akan dikirimkan dan menjalani proses registrasi sebagai calon Exco PSSI.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"