6 Tips Bermain Golf untuk Pemula, Belajar Yuk

6 Tips Bermain Golf untuk Pemula, Belajar Yuk

Golf adalah jenis olahraga yang dulunya identik dengan para orang tua. Namun saat ini banyak anak-anak muda yang mulai rutin bermain golf. Sebab golf memiliki ragam manfaat untuk tubuh seperti bisa mengurangi stres, membakar kalori, menjaga kesehatan jantung dan tulang, dan meningkatkan kualitas tidur. Lalu bagaimana tips bermain golf untuk pemula yang tepat?

Bagi seseorang yang ingin mendalami golf harus menyiapkan beberapa hal sebelum memulai bermain golf, seperti cara memukul bola golf yang benar, aturan dalam olahraga golf, menyiapkan perlengkapan golf, dan mengetahui bagian lapangan golf. Berikut beberapa tips bermain golf untuk pemula.

Cara Memukul Bola Golf

Memukul bola golf tentu tidak asal memukul saja. Seorang pemain golf pemula harus belajar memahami teknik dasar memukul bola golf. Pemain golf harus melakukan sikap dasar dengan berdiri pada posisi badan yang kokoh. Mulai dari menempatkan kaki sedikit di depan bola  sehingga bola tampak berada di antara kedua kaki. 

Hindari berdiri terlalu dekat dengan bola. Aturlah jarak sehingga memungkinkan untuk memukul bola. Kemudian lutut ditekuk dan badan dibungkukkan dengan posisi tangan lurus ke bawah. Lalu pukul bola golf dengan sekuat tenaga.

Tips Bermain Golf untuk Pemula

Cara Memegang Stick Golf

Tips bermain golf untuk pemula berikutnya adalah bagaimana pemain golf harus bisa memegang stick golf dengan baik dan benar. Beberapa cara memegang stick bisa dilakukan. Mulai dari teknik baseball grip, overlapping golf grip, dan interlocking golf grip. Baseball grip adalah dengan cara memegang stik layaknya memegang tongkat bisbol. Dengan cara ini pemain golf memegang bagian ujung stik dengan tangan kiri dan menempatkan tangan kanan di bawah tangan kiri.

Sementara overlapping golf grip adalah cara memegang stick golf dengan menghasilkan pegangan dan pukulan yang stabil. Teknik ini mirip dengan baseball grip. Posisi tangan kanan berada lebih ke atas sehingga jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk tengah dan kiri. Dan, teknik Interlocking golf grip menyerupai baseball grip. Namun cara ini dengan mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk tangan kiri. Cara memegang stick ini sangat rumit sehingga biasanya hanya pemain golf profesional yang melakukannya.

Aturan dalam Golf

Setelah mengetahui tentang cara memegang stik dan memukul bola golf yang benar, pegolf pemula juga harus mengetahui aturan dasar dari permainan golf. Dalam golf memiliki 18 lubang pada setiap ronde yang dimainkan. Jenis game terdiri dari dua jenis yakni match play dan stroke play. Dalam permainan golf selalu dimulai dengan pukulan teeing ground. Namun jika permainan golf dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing dua orang atau foursomes, maka pukulan dilakukan secara bergantian oleh masing-masing anggota tim.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"