5 Wasit Sepak Bola yang Bikin Kontroversi, Nomor 3 Sahkan Gol Tangan Tuhan Maradona

5 Wasit Sepak Bola yang Bikin Kontroversi, Nomor 3 Sahkan Gol Tangan Tuhan Maradona

Wasit sepak bola adalah manusia bisa. Terkadang keputusan wasit dalam sebuah pertandingan memicu kontroversi, bikin salah satu tim menderita kekalahan, hingga mengeluarkan kartu merah yang menyebabkan seorang pemain keluar dari lapangan. Sepanjang sejarah sepak bola dunia ada beberapa wasit yang terkenal dengan kontroversinya. Siapa saja mereka?

Valentin Ivanov

Valentin Ivanov merupakan pria asal Rusia yang dulunya seorang pemain sepak bola. Pada perhelatan Piala Dunia 2006 di Jerman, Ivanov disebut “wasit gila” karena kepemimpinan dalam pertandingan Portugal VS Belanda. Dalam petandingan itu Ivanov mengeluarkan 16 kartu kuning dan 4 kartu merah dari sakunya.

Pemain Portugal dan Belanda masing-masing mendapatkan 2 kartu merah, yakni Costinha dan Deco dari Portugal dan Khalid Boulahrouz dan Giovanni van Bronckhrost dari Belanda. Usai memimpin laga itu, Ivanov pun memutuskan untuk pensiun. Diduga ada kaitannya dengan sorotan terhadap dirinya.

Wasit Sepak Bola yang Kontroversi (Goal.com)

Byron Moreno

Masih tentang wasit sepak bola yang mengeluarkan keputusan kontroversi adalah Byron Moreno. Moreno memimpin pertandingan Italia VS Korea Selatan pada Piala Dunia 2002. Pada pertandingan itu Korea Selatan secara dramatis mengalahkan Italia dengan skor 2-1. Kemenangan itu memang tercoreng dengan keputusan Moreno yang dianggap berat sebelah membela Korea Selatan.

Misalnya memberikan tendangan penalti untuk Korea Selatan pada babak pertama, gol Italia yang dianulir karena dianggap offside, hingga puncaknya memberikan kartu kuning kedua untuk Fransesco Totti karena dianggap melakukan diving.  Kekalahan Italia pun membuat tim bertabur bintang itu mengeluarkan protes kepada Moreno seusai pertandingan.

Ali Bin Nasser

Ali Bin Nasser adalah wasit asal Tunisia yang memimpin pertandingan Inggris VS Argentina pada Piala Dunia 1986. Pertandingan itu menjadi salah satu momen sejarah besar dengan adanya gol Diego Maradona yang disebut dengan “gol tangan Tuhan”. Ali mengesahkan gol Maradona yang memasukkan bola ke gawang Inggris menggunakan tangannya.

Meskipun sejumlah pemain Inggris melakukan protes keras, namun Ali bin Nasser tetap mengesahkan gol itu. Kini Ali bin Nasser sudah meninggal dunia. Meski sudah tiada, sosoknya dianggap sebagai wasit yang kontroversi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"