4 Bahaya yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Sering Terbangun karena Kaget

4 Bahaya yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Sering Terbangun karena Kaget

Kamu mungkin pernah mengalami momen di mana kamu terbangun secara tiba-tiba karena suatu kejadian yang mengejutkan. Entah itu karena teriakan ibu yang membangunkan, suara alarm yang terlalu kencang, atau bahkan mimpi buruk yang membuatmu terjaga tiba-tiba.

Meskipun tidak ada penjelasan khusus yang menegaskan bahaya jika terbangun karena kaget, tetapi jika terus berulang, tentu akan mengakibatkan dampak kesehatan dan ketidaknyamanan yang berkepanjangan. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi.

1. Rasa Berdebar

Terbangun karena Kaget (via IDN Times)

Jika bangun dalam keadaan kaget, kamu mungkin akan merasa berdebar dan tubuh mengeluarkan keringat dingin.  Ini adalah reaksi alami tubuh terhadap situasi yang mendadak. Rasa berdebar ini muncul karena efek dari irama sirkadian yang terganggu karena kaget. Irama sirkadian sendiri adalah ritme alami yang mengatur jam biologis tubuh.

2. Gangguan Kesehatan Mental

Terbangun secara tiba-tiba karena kaget dapat mengganggu pola tidur yang sehat. Gangguan tidur yang terus-menerus dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Ketika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, kondisi mentalmu bisa menjadi rentan terhadap gangguan-gangguan tersebut.

3. Kenaikan Tekanan Darah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"