Kurangi Kebiasan Tidur Malam dengan Lampu yang Menyala, Ini 3 Efek Burukya Buat Kesehatan

Kurangi Kebiasan Tidur Malam dengan Lampu yang Menyala, Ini 3 Efek Burukya Buat Kesehatan

Apakah kamu mematikan lampu dulu sebelum tidur malam? Kalo kamu berani tidur dalam kegelapan, kamu bisa memperoleh kualitas tidur yang baik gengs. Dampaknya pun sangat baik bagi tubuh kita.

Sayangnya, kualitas tidur malam yang baik belum tentu bisa dirasakan orang-orang yang takut gelap. Ketika mereka takut gelap, otomatis lampu ruangan akan menyala sepanjang malam.

Dampaknya malah bisa jadi membahayakan tubuh kita gengs. Meski beberapa orang nggak bisa tidur dalam kondisi gelap, tapi mulai deh untuk kurangi kebiasaan tidur malam dengan lampu yang menyala.

Inilah 3 efek buruknya buat kesehatan kita.

#Obesitas

#Obesitas Tidur malam dengan lampu menyala bisa sebabkan obesitas (homecrux.com)

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obesity menyebutkan bahwa paparan cahaya di malam hari bisa mengakibatkan pertambahan berat badan. Kok bisa?

Ini terjadi karena pada dasarnya paparan cahaya bisa mengganggu waktu dan kualitas tidur kita. Akibatnya bisa berdampak pada pola makan kita gengs.

Tidur malam dalam kondisi lampu menyala membuat tubuh kita akan memproduksi hormon leptin. Hormon itu bekerja untuk mengatur rasa kenyang kita. Hormon itu bahkan bisa bekerja dua kali lebih banyak dari biasnaya.

Kondisi itu tidak akan membuat kita merasa cepat kenyang. Sebaliknya, tubuh kita justru jadi kebal pada fungsi hormon leptin. Hasilnya, kita akan jadi cepat merasa lapar dan penginnya makan terus.

#Penurunan daya tahan tubuh

#Penurunan daya tahan tubuh Daya tahan tubuh kita juga bisa menurun loh (ouraring.com)

Pola tidur punya peran yang penting untuk menjaga sistem imun kita. Tapi sayang, paparan cahaya lampu yang menyala di kamar saat kita tidur bisa mengganggu pola tidur kita.

Ketika kita tidur, tubuh melepaskan protein sitokin. Protein itu amat diperlukan kita ketika sedang mengalami infeksi atau peradangan.

Makanya kalo kita kurang tidur, produksi protein sitokin tadi bisa terganggu. Akibatnya, antibodi dan sel untuk melewan infeksi juga akan berkurang.

Selain itu, penurunan daya tahan tubuh akan terjadi. Jadi kita malah bisa gampang terserang penyakit.

#Insomnia

#Insomnia Tidur dengan lampu menyala juga bisa sebabkan insomnia (medium.com)

Tidur malam dalam kondisi lampu menyala juga bisa membuat kita mengalami insomnia atau gangguan tidur. Kita bakal susah untuk tidur meski rasanya udah ngantuk banget.

Ini terjadi karena paparan cahaya lampu ruangan membuat hormon melatonin di otak menurun. Padahal hormon itu berperan dalam proses tidur.

Lebih jauh, kesulitan tidur juga membuat tidur kita nggak nyenyak. Hal ini juga bakal menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Jadi mulai sekarang, kurangi kebiasaan tidur malam dengan lampu yang menyala. Minimal kita bisa terhindar dari tiga efek buruk bagi kesehatan kita tadi. Yuk, matikan lampu dan segera tidur!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"