Ubah Pola Makan Sekarang, Ini 5 Camilan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ubah Pola Makan Sekarang, Ini 5 Camilan Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Asam urat  merupakan penyakit yang terjadi karena penumpukan asam urat di persendian tubuh. Orang dengan asam urat cenderung memiliki masalah kesehatan serius lain seperti diabetes, tekanan darah tingg, jantung dan stroke. Selain itu, obesitas juga bisa menjadi faktor resiko untuk beberapa penyakit penyerta ini.

Oleh karena itu, untuk menghindari obesitas kamu harus menjalani diet sehat tertentu. Penderita asam urat harus menghindari semua camilan  yang mengandung fruktosa dan gula. Hal ini karena fruktosa diproses di tubuh sedemikian rupa hingga akhirnya purin dilepaskan. Lebih banyak purin, berarti lebih banyak asam urat dan ini bisa mengakibatkan serangan asam urat. Begitupun dengan gula.

Meskipun ada hubungan yang jelas antara asam urat dan makanan ringan, tapi semuanya tidak selalu buruk. Penderita asam urat masih bisa mengkonsumsi banyak camilan. Apa saja macam camilan sehat untuk penderita asam urat? Simak terus penjelasannya berikut ini!

1.    Olahan Susu Rendah Lemak

Foto: Camilan Asam Urat (Orami)

Camilan yang terbuat dari olahan susu rendah lemak seperti yogurt dan keju rendah lemak dapat berperan menurunkan resiko asam urat. Bahkan ada penelitan yang menemukan bahwa konsumsi produk susu rendah lemak secara signifikan bisa menurunkan kadar asam urat.

Para ahli melihat bahwa dua jenis protein dalam susu, yaitu casein dan lactalbulmin, bisa meningkatkan pembuangan asam urat dari tubuh. Tidak hanya itu, camilan yang terbuat dari susu rendah lemak juga bisa menjadi sumber protein yang baik karena rendah kandungan purinnya sehingga cocok untuk pengganti daging dan ikan.

2.    Kacang-kacangan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"