7 Jajanan Khas Sunda Berawalan Ci- Selain Cilok Dan Cireng, Sudah Pernah Coba Semua Belum?

7 Jajanan Khas Sunda Berawalan Ci- Selain Cilok Dan Cireng, Sudah Pernah Coba Semua Belum?

Berikut jajanan khas Sunda berawalan ci-. Mungkin banyak dari kamu yang sudah akrab dengan makanan cilok dan cireng. Dua jajanan tersebut merupakan hasil kreasi yang terbuat dari tepung tapioka atau yang juga dikenal dengan tepung aci dalam bahasa Sunda.

Tepung aci merupakan produk olahan dari akar ubi kayu (cassava) dan jadi salah satu tepung yang paling sering digunakan. Di Tanah Jawa Barat, tepung aci mampu diolah menjadi beraneka macam olahan kuliner yang menggugah selera seperti cilok dan cireng.

Nama aci juga disematkan dalam makanan-makanan tersebut, seperti cilok yang berarti aci dicolok lalu ada cireng yang memiliki arti aci digoreng. Namun selain dua jajanan itu, masih ada sejumlah jajanan khas Sunda berawalan ci-. Apa saja makanan itu? Berikut yang dirangkum.

Cimol

Cimol Jajanan Awalan Ci – Cimol (Endeus.TV)

Jajanan khas Sunda atau Jawa Barat ini sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Cimol atau aci digemol lahir di tahun 1998-an. Cimol terbuat dari tepung tapioka saja. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyeduh adonan dengan air panas. Kemudian diaduk (diuleni) sampai kalis. 

Air panas inilah yang membuat adonan cimol tidak meledak ketika digoreng. Berbeda dari cilok yang punya isi, kebanyakan Cimol tidak diberi isian apapun. Harga cimol pun lebih murah lagi ketimbang cilok. Untuk menambah rasa, cimol biasanya diberi bumbu-bumbu seperti bubuk cabai, bubuk keju hingga bubuk balado.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"