Resep Cimol Anti Meledak, Simpel dan Pas untuk Camilan

Resep Cimol Anti Meledak, Simpel dan Pas untuk Camilan

Kalau membahas makanan dari aci emang nggak ada habisnya. Salah satu jenis hidangan berbahan aci yang cocok untuk camilan adalah cimol. Cimol sendiri atau aci digemol merupakan salah satu makanan khas Bandung, Jawa Barat, yang terbuat dari tepung tapioka. 

Dengan menambahkan bumbu bubuk tabur, cimol menjadi salah satu camilan sederhana yang banyak dicari. Menjadi jajanan yang populer, tentu membuat para penggemar cimol ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Sayangnya, banyak yang takut membuat camilan ini karena sering meledak ketika digoreng. Nah, Bunda tak perlu khawatir lagi jika ingin membuat cimol. Sebab, kini Bunda bisa mengikuti resep cimol anti meledak yang bisa dijadikan camilan melalui resep berikut ini. Dengan mengikuti resep di bawah ini, Bunda juga mulai bisa menyajikan cimol kapan saja ketika ingin.  

Nah, bagaimana resep membuat cimol anti meledak? Yuk, langsung coba buat dengan panduan berikut.

Resep Cimol Anti Meledak (Resepedia)

Resep Cimol Anti Meledak

Bahan-bahan

22 sdm tepung tapioka

2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

1 sdm tepung terigu 

1/2 sdm garam 

1/4 gula pasir

1 gelas air 

Kaldu bubuk secukupnya 

Lada 

Bumbu bubuk tabur sesuai selera

Langkah-langkah

- Masukan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, gula, dan kaldu bubuk ke dalam wadah. 

- Aduk semuanya hingga tercampur rata dan sisihkan.

- Didihkan air dan tuangkan ke dalam adonan sebelumnya secara bertahap sambil aduk pelan adonan hingga menggumpal dengan sempurna. 

- Diamkan sampai adonan tidak terlalu panas, kemudian uleni hingga kalis.

- Setelah itu, buat adonan menjadi bulat-bulat kecil. Beri taburan tepung tapioka agar masing-masing adonan tidak menempel satu sama lain.

- Siapkan wajan yang telah diisi dengan minyak. Masukan adonan cimol yang telah dibulatkan kecil-kecil sebelum api dinyalakan. 

- Kemudian masak cimol dengan menggunakan api kecil hingga mengembang.

- Setelah cimol mengembang, masak cimol dengan menggunakan api sedang hingga permukaan cimol menjadi garing. Jika sudah, angkat dan tiriskan cimol.

Catatan: Jika masih ada sisa adonan cimol, masak kembali ketika api sudah tidak panas untuk menghindari cimol yang meledak. Selesai ditiriskan, pindahkan cimol ke wadah lain untuk diberi taburan bumbu bubuk. Bumbu bubuk yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera. Aduk hingga cimol dan bumbu tercampur dengan rata. Cimol siap untuk dihidangkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"