3 Resep Makanan Khas Semarang Yang Dijamin Bikin Ketagihan, Sudah Pernah Coba Belum?

3 Resep Makanan Khas Semarang Yang Dijamin Bikin Ketagihan, Sudah Pernah Coba Belum?

Makanan khas Semarang sangatlah beragam. Diketahui, selain sebagai pusat perekonomian di Jawa Tengah, Semarang juga dikenal sebagai gudang makanan-makanan khas yang lezat. Akan tetapi, cukup sulit untuk menikmatinya jika harus berpergian langsung ke Semarang.

Namun tidak perlu khawatir. Untuk mencicipinya, sekarang kamu gak harus datang ke Semarang lagi. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat. Buat kamu yang penasaran, berikut ini dirangkum tiga resep makanan khas Semarang. Simak yuk!  

1. Wingko Babat

1. Wingko Babat Wingko Babat (Wiratech)

Bahan-bahan:

  • 300 gram Tepung Ketan Putih

  • 500 gram Kelapa Parut Muda

  • 100 gram Mentega, cairkan

  • 5 sdm Gula Pasir

  • Sejumput Garam

  • Secukupnya Santan encer

Cara Membuat Wingko Babat:

  1. Campurkan semua bahan mulai dari tepung ketan putih, kelapa parut muda, mentega, gula pasir dan garam, kecuali air atau santan encer. Aduk semuanya sampai rata.

  2. Jika adonan sudah bisa dibentuk, maka tidak perlu ditambahkan air atau santan encer. Sebab, penambahan air atau santan hanya dibutuhkan jika adonan terlalu kering.

  3. Setelahnya, ambil adonan masing-masing sebanyak 50 gram. Bulatkan adonan wingko babat kemudian pipihkan. Lakukan langkah yang sama sampai adonan habis.

  4. Kemudian, panaskan wajan, lalu panggang adonan dengan api kecil. Bolak balik agar kedua sisinya matang. Wingko babat pun bisa diangkat dan siap disajikan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"