4 Resep Kulit Lumpia Semarang Yang Mudah Dan Anti Sobek, Cobain Yuk!

4 Resep Kulit Lumpia Semarang Yang Mudah Dan Anti Sobek, Cobain Yuk!

Simak resep kulit lumpia Semarang beserta dengan beberapa resep kulit lumpia lainnya. Lumpia merupakan camilan favorit masyarakat Indonesia yang pertama kali muncul di Semarang. Makanan ini kali pertama diperkenalkan seorang warga Tionghoa bernama Tjoa Thay Joe.

Ketika itu, dia memutuskan pindah dan membuka usaha makanan khas China di Kota Semarang. Adapun isi lumpia ini bisa beraneka ragam mulai dari rebung, bengkoang, bihun, hingga ragam sayuran lainnya. Lumpia juga cocok untuk bekal maupun liburan karena awet dan mengenyangkan.

Membuat lumpia pun terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kulit lumpia dan isiannya sesuai yang kamu inginkan. Tapi tak sedikit yang memilih untuk membuatnya sendiri lantaran bisa menyesuaikan teksturnya seperti yang dikehendaki. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sullit untuk diperoleh. Buat kamu yang juga ingin membuat kulit lumpia sendiri, berikut resep kulit lumpia Semarang bersama dengan resep kulit lumpia lainnya mulai dari lumpia anti sobek, lumpia basah dan lumpia renyah.

1. Resep Kulit Lumpia Semarang

1. Resep Kulit Lumpia Semarang Kulit Lumpia Semarang (Resep Kekinian)

Bahan-bahan Kulit Lumpia Semarang:

  • 200 gram Tepung Cakra

  • 200 ml Air

  • 150 ml Putih Telur

  • 10 gram Garam

  • 1 sdm Minyak

  • 1 sdm Air, untuk olesan teflon

Cara Membuat Kulit Lumpia Semarang:

  1. Ayak tepung terlebih dahulu lalu sisihkan. Di wadah terpisah, campurkan sedikit air dengan garam kemudian masukkan tepung dan putih telur. 

  2. Setelahnya, masukkan air sedikit demi sedikit sampai agak cair. Saring adonan agar lebih lembut. Dalam wadah lain, campur air dan minyak untuk mengoles teflon. 

  3. Gunakan tissue saat mengoleskannya. Kemudian, nyalakan kompor dengan api yang sangat kecil.

  4. Masukkan adonan ke atas teflon tapi hanya perlu menggunakan kuas yakni dengan cara dioles. Proses 'melukis' teflon ini bisa berkali-kali ya untuk tiap cetak. 

  5. Sesuaikan dengan ketebalan yang diinginkan. Catatan: jangan letakkan teflon diatas api terlebih dahulu ya, agar adonan tidak matang duluan. Usahakan juga untuk tidak terlalu tebal.

  6. Angkat kulit lumpia jika pinggir adonan sudah mulai mengering dan bisa dilepas. Ulangi cara yang sama sampai adonan habis. Catatan: campuran air dan minyak dioles hanya saat dirasa perlu dan setiap jadi satu lumpia, bersihkan teflon.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"