Mitos Sundel Bolong, Hantu Wanita yang Populer karena Suzanna

Mitos Sundel Bolong, Hantu Wanita yang Populer karena Suzanna

Pemain film Suzanna pernah memerankan karakter sebagai hantu sundel bolong. Salah satu adegan paling diingat ketika sundel bolong itu makan sate dalam jumlah banyak. Sundel bolong berwujud mirip kuntilanak. Berambut panjang memakai baju putih namun bedanya di bagian punggungnya bolong. Berikut beberapa mitos tentang sundel bolong.

Asal-usul

Sundel bolong diambil dari dua kata yakni sundal dan bolong. Sunda artinya perempuan jalang atau wanita malam sebagai pelacur. Sementara bolong artinya lubang. Sundel bolong dipercaya sebagai sosok hantu yang dulunya wanita pekerja seks yang meninggal dalam kondisi hamil akibat dibunuh.

Ibu Tuyul

Ada juga mitos yang menyebut sundel bolong adalah hantu yang melahirkan dalam kubur. Dalam kondisi hamil dan dikuburkan, sundel bolong melahirkan anaknya di dalam liang lahat. Namun ia melahirkan lewat punggung sehingga menjadi bolong. Anak yang lahir itu itu konon menjadi tuyul.

Mitos Sundel Bolong (Okezone)

Makan Ari-ari Bayi

Menurut kepercayaan ari-ari bayi yang baru lahir harus dikubur dengan baik. Jika sembarangan tidak hanya hewan yang bisa memakan ari-arti itu karena sundel bolong juga konon menyukai ari-ari bayi yang masih tercium aroma darah segar.

Penghuni Alas Roban

Alas Roban menjadi salah satu hutan angker di tanah Jawa. Nah, banyak sundel bolong yang menjadi penunggu hutan tersebut. Sosok ini kerap berterbangan dari pohon yang satu ke pohon yang lain. Bahkan diduga kerap mengganggu pengendara yang lewat Alas Roban pada malam hari.

Bisa Berubah Jadi Manusia

Mitos ini ada kaitannya dengan film Suzanna. Masih ingat Suzanna memerankan karakter bernama Suketi? Suketi dalam ceritanya adalah sosok sundel bolong yang kepalanya dipaku dan berubah menjadi wanita yang sangat cantik.

Sundel bolong yang berubah menjadi wanita cantik itu bisa dinikahi oleh pria dengan sejumlah syarat. Pria yang berhasil menikahi wanita jadi-jadian itu dipercaya bisa mendapatkan banyak keberuntungan mulai dari jabatan dan harta kekayaan yang melimpah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"