Lama Terbengkalai, Ini 5 Pabrik Gula di Pulau Jawa yang Angker

Lama Terbengkalai, Ini 5 Pabrik Gula di Pulau Jawa yang Angker

Pabrik gula cukup banyak berdiri di Pulau Jawa sejak era kolonial Belanda. Namun setelah Indonesia merdeka banyak pabrik gula tersebut tidak lagi beroperasi alias tutup. Terbengkalai selama puluhan tahun membuat pabrik gula angker karena kini dihuni oleh para makhluk halus.

Menurut sejarah pabrik gula banyak di Jawa karena faktor kesuburan tanah dan didukung iklim yang cocok untuk menanam tebu. Di Jawa saat itu memiliki daerah yang panas dengan curah hujan yang cukup. Pada tahun 1914 terdapat 191 pabrik gula. Beberapa tahun kemudian pabrik gula bertambah jadi 200 hanya di Jawa saja.

Saat pemerintahan kolonial Belanda membangun jaringan kereta api atau rel kereta api juga mempermudah pabrik gula dalam memproduksi tebu. Sebab kereta api bisa digunakan untuk mengangkut tebu dari kebun menuju pabrik lalu dipasarkan ke beberapa daerah lainnya. Berikut ini ada 5 pabrik gula di Jawa yang disebut angker.

Lama Terbengkalai, Ini 5 Pabrik Gula di Pulau Jawa yang Angker (Tribun Solo)

Pabrik Gula di Klaten

Pabrik gula Gondang Winangoen, Klaten, Jawa Tengah menjadi pabrik gula yang sangat terkenal pada masanya. Pabrik ini saat beroperasi memperkerjakan banyak penduduk lokal di bawah kepemimpinan orang Belanda. Setelah lama tutup pada tahun 1960 pabrik ini kembali beroperasi namun kini sudah berhenti lagi.

Sejumlah warga sekitar mempercayai bahwa pabrik gula itu sangat seram. Mulai dari hantu para pekerja yang meninggal saat bekerja akibat kecelakaan kerja, penampakan hantu orang Belanda, hingga penampakkan anggota tubuh yang berjalan sendiri. Belum lagi ada sosok genderuwo penghuni salah satu ruangan di lokasi. Suara mesin pabrik kerap menyala sendiri seolah-olah masih beroperasi.

Pabrik Gula di Sidoarjo

Beralih ke Jawa Timur ada pabrik gula di Sidoarjo. Lokasinya berada di Tanggulangin, Sidoarjo. Banyak orang melihat hantu noni Belanda yang berada di ruangan dalam pabrik. Lokasi dekat pabrik konon sering terjadi kecelakaan yang memakan korban jiwa. Diduga kecelakaan tersebut terjadi karena ulah dari makhluk halus penunggu pabrik.

Pabrik Gula di Kediri

Masih berlokasi di Jawa Timur. Pabrik gula berikutnya ada di Kediri. Pabrik gula tersebut menyimpan sejuta misteri. Salah satunya adalah di bagian pabrik terdapat rumah bekas karyawan pabrik gula yang kini juga disebut rumah hantu karena tidak dihuni banyak orang dan dekat persawahan. Di dekat rumah itu ada pohon trembesi yang dipercaya dihuni makhluk halus. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"