Akhirnya Terpecahkan, Masinis Kereta Api Harus Laki-laki, Nggak Boleh Perempuan

Akhirnya Terpecahkan, Masinis Kereta Api Harus Laki-laki, Nggak Boleh Perempuan

Kereta api merupakan jenis transportasi publik yang dikendarai oleh masinis. Kereta commuter line atau kereta jarak jauh bisa beroperasi karena masinis kereta api  yang bekerja di lokomotif bagian depan kereta api.

Tapi pernah berpikir nggak sih, kenapa masinis kereta selalu laki-laki dan tidak perempuan? Sebab perempuan sering menjadi sopir transportasi umum seperti taksi, bus, hingga ojek online.

Septian Widi Subekti, seorang masinis mengatakan bahwa memang kebijakan Perusahaan Kereta Api di Indonesia atau PT KAI sejak dulu memiliki aturan bahwa masinis harus seorang laki-laki, tidak untuk kaum perempuan.

Ilustrasi Masinis Kereta Api (Topcareer)

“Ini berkaitan dengan kebijakan perusahaan bahwa sampai saat ini ada persyaratan masinis hanya untuk pria,” kata Widi dilansir dari Detik.Masinis selalu laki-laki sama sekali tak  ada hubungan tentang diskriminasi gender laki-laki dan perempuan.

Bisa jadi masinis memiliki tugas yang memang cukup berat dan dituntut melakukan berbagai hal seperti pengecekan lokomotif kereta api, hingga bisa jadi kondektur hingga teknisi kereta api, sehingga hal itu agak sulit dilakukan oleh perempuan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"