Besaran Gaji Masinis Kereta Api Capai Dua Digit, Mungkin Kamu Mau Mencobanya

Besaran Gaji Masinis Kereta Api Capai Dua Digit, Mungkin Kamu Mau Mencobanya

Masinis menjadi salah satu profesi dengan tanggung jawab besar karena mengoperasikan kereta api. Penumpang kereta api, mulai dari commuter line hingga kereta api jarak jauh tentu sangat mengandalkan masinis untuk mengantarkan mereka tiba di masing-masing tujuan.

Dilansir dari Lifepal, direktur utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro membocorkan gaji yang diterima masinis setiap bulannya. Masinis kereta api mendapatkan gaji sebesar Rp 12 juta. Nilai angka itu terbilang cukup besar karena masinis kereta pada dahulu kala digaji cukup kecil.

Selain mendapatkan gaji, masinis juga diberikan tunjangan untuk istri dan anak-anak sebesar 10 persen dari gaji tersebut. Selain dapat tunjangan keluarga, pendapatkan masinis ditambahkan dengan tunjangan jabatan dari kisaran Rp 600 ribu per bulan.

Ilustrasi Masinis (KabarPenumpang.com)

Bila diperhatikan saat ini banyak anak-anak muda yang coba peruntungan menjadi masinis kereta api. Penampilan masinis kereta api pun kini terlihat lebih keren dan modern. Tak ayal banyak orang yang memiliki impian untuk menjadi seorang masinis kereta api di Indonesia.

Memang bagaimana caranya bila ingin jadi seorang masinis? Tentu ada syarat-syarat khusus,mulai dari harus tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun untuk lulus SMA, dan usia minimal 22 tahun dan maksimal 30 tahun untuk pendidikan setingkap diploma.

Calon pelamar juga harus dinyatakan sehat jasmani dan rohani secara medis, berkelakuan baik, bebas dari narkoba, dan siap ditempatkan di wilayah KAI mana saja di Indonesia, seperti di Jawa atau Sumatra.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"