Cerita Dongeng Pendek yang Dijamin Bikin Kamu Terhibur

Cerita Dongeng Pendek yang Dijamin Bikin Kamu Terhibur

Dongeng dikenal sebagai sebuah cerita rakyat yang biasanya tidak semuanya berdasarkan kisah nyata. Umumnya, dongeng diciptakan hanya untuk hiburan semata. Namun, masing-masing dongeng biasanya akan memberikan pesan moral ataupun kebenaran soal fakta tertentu.

Dongeng itu sendiri juga termasuk sebuah khayalan dari pemikiran seseorang yang diceritakan dari generasi ke generasi. Namun, dongeng tak melulu selalu panjang. Beberapa ada cerita dongeng pendek yang isinya benar-benar bikin orang terhibur karena lucu. Berikut contoh-contohnya.

Cicit Si Tikus

Cicit Si Tikus Ilustrasi seekor tikus (kumba news)

Di sebuah hutan hiduplah seekor tikus bernama Cicit. Seperti tikus lainnya, Cicit memiliki tubuh kecil dibanding hewan lain dan inilah yang membuatnya minder terhadap ukuran tubuhnya.

“Kenapa binatang lain besar, sedangkan aku kecil. Apa yang harus aku lakukan?” tanyanya pada diri sendiri.

Keesokannya, Cicit mendapatkan sehelai kain berwarna putih yang ukurannya cukup besar untuk tubuhnya. Sontak, ia memiliki ide jahil untuk menakuti binatang lain di sekitarnya.

Lalu, ia masuk ke rumah dan mengambil pena untuk sepasang mata, bibir, dan bagian wajah lainnya. Gambar yang dibuat tidak sembarangan dan mirip dengan hantu.

Setelahnya, ia lalu beraksi di jalan yang ada di dekat rumahnya karena tepat di samping rumahnya adalah jalan yang sering dilalui oleh para binatang lain. Tak lama setelah itu, datanglah seekor kelinci.

Kelinci yang melihat kain putih seketika berlari dan berteriak ketakutan, karena dirinya melihat hantu.

Tidak cuma kelinci saja, binatang lain yang melintas di jalanan tersebut, seperti rusa hingga pun langsung terkejut, lari, dan berteriak karena melihat hantu berukuran kecil, yang tidak lain adalah Cicit.

Lalu suatu hari, badai datang ke kawasan hutan. Karena jalan yang ada di dekat rumah tikus merupakan jalan utama, maka mau tidak mau para binatang lainnya pun harus melewati rumah Cicit. 

Baca juga: Dongeng Anak Tentang Tumbuhan, Kisah Pohon Besar yang Sombong

Namun sayang, saat Cicit hendak melakukan niat jahilnya tersebut, angin kencang meniupkan kain yang menutupi tubuhnya. Dan tampaklah sosok Cicit yang selama ini menjadi biang keladi. Para binatang yang melihat kejadian tersebut, awalnya kesal akan tingkah laku Cicit. Kali ini Cicit berjanji tidak akan mengulangi kembali kelakuan jahil nya tersebut.

Pelajaran yang tersirat di balik cerita anak lucu ini memang menarik, mengajarkan siapapun untuk tidak merasa rendah diri akan apapun, seperti Cicit yang khawatir atas kondisi tubuhnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"