Kamu Wajib Tau, Inilah 5 Jenis Tabungan Yang Harus Dimiliki Semua Orang

Kamu Wajib Tau, Inilah 5 Jenis Tabungan Yang Harus Dimiliki Semua Orang

Mungkin semua orang punya tabungan meski mungkin juga ada yang tak punya sama sekali akibat kebutuhan yang lebih besar dari penghasilannya. Namun, di luar itu semua, ternyata kamu harus punya tabungan yang berbeda untuk tujuan yang berbeda juga.

Semakin banyak keinginan dan harus keluar banyak uang untuk mencapainya, maka baiknya kamu punya beberapa tabungan dengan tujuan spesifik supaya lebih rapi, tidak tercampur, dan masing-masing tujuannya tercapai. Yuk, kenali 5 jenis tabungan yang harus dimiliki semua orang.

Dikutip dari Financial Diet, memiliki rekening tabungan yang berbeda-beda untuk tujuan berbeda bisa membuat kamu punya tujuan keuangan lebih jelas, motivasi dalam menabung, dan lebih mungkin mencapai tujuan keuangan.

 Namun, bila bujet terbatas, prioritaskan tabungan dana darurat dulu untuk dicapai ya, yang lain mah bisa nunggu.

5 Jenis Tabungan Yang Harus Dimiliki Semua Orang (Berkeluarga)

1. Tabungan Dana Darurat

Ini yang harus jadi prioritas utamamu. Kumpulkan 6-12 bulan jumlah pengeluaran untuk keadaan darurat yang perlu biaya. Bila kamu punya anak/tanggungan tambahkan jumlahnya sesuai kebutuhan.

Sebisa mungkin, pisahkan rekening tabungan dana darurat dengan rekening pengeluaran harian agar tidak tergoda untuk memakainya.

2. Tabungan Jangka Panjang

Tabungan untuk membeli suatu yang besar di masa depan, misalnya pembelian rumah (bisa juga untuk mengumpulkan DP bila kamu mau KPR) atau pembelian kendaraan bermotor beberapa tahun lagi. Bisa juga tabungan haji atau untuk pendidikan anak di masa depan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"