Waspada Tanda-Tanda PCOS pada Wanita, Bisa Berdampak pada Kesuburanmu Lho!

Waspada Tanda-Tanda PCOS pada Wanita, Bisa Berdampak pada Kesuburanmu Lho!

Apa tanda-tanda PCOS pada wanita? Seberapa berbahaya? Apa penyebabnya? Beberapa pertanyaan tersebut mungkin berkecamuk dalam pikiran kalian saat mendengar istilah polycystic ovarian syndrome (sindrom polikistik ovarium yang kini banyak dibicarakan di kalangan perempuan. Sebenarnya penyakit apa itu?

PCOS adalah gangguan hormon pada perempuan di masa subur. Salah satu penyebabnya adalah jumlah hormon androgen meningkat sehingga muncul kantong-kantong berisi cairan di area ovarium. Jika dibiarkan, kondisi ini tak hanya menyebabkan sulit punya anak, namun juga meningkatkan risiko diabetes dan hipertensi. Apa saja tanda-tandanya? Simak ulasan berikut!

1. Siklus Menstruasi Tidak Lancar

1. Siklus Menstruasi Tidak Lancar Tanda-Tanda PCOS pada Wanita (via Alodokter)

Normalnya, menstruasi terjadi setiap 23-35 hari, dan dalam rentang waktu 3-7 hari. Menurut Halodoc, dalam satu siklus menstruasi, perempuan akan mengeluarkan darah 30-70 mililiter. Kram perut mungkin muncul pada hari pertama atau kedua, di mana volume darah keluar paling banyak.

Karenanya, dalam setahun, perempuan mengalami menstruasi secara normal sebanyak 12 kali. Jika kamu mengalami menstruasi kurang dari 8-9 kali dalam setahun, dengan rentang waktu terlalu lama atau terlalu sebentar, maka ada kemungkinan ada yang tidak beres dengan sistem reproduksi.

Selain itu, tanda-tanda PCOS pada wanita juga bisa ditunjukkan dengan volume darah berlebihan dan rasa sakit hebat saat menstruasi. Karenanya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan jika haid tidak teratur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"