Apa sih yang bikin make up nggak tahan lama? Wajah berminyak, salah satunya. Begini tips make up tahan lama. Rugi kalo nggak tahu.

Make up tahan lama tanpa perlu ribet itu adalah dambaan wanita. Pengennya sih nggak perlu dikit-dikit touch up. Dan, pengen cantik terus seharian. Tenang, ada kok tips make up tahan lama. Penasaran? Cek aja!

1. Bersihkan wajah sebelum memakai make up

Sebelum mengaplikasikan segala bentuk make up, bersihkan dulu wajah. Kulit wajah secara alamiah memproduksi minyak. Belum lagi kotoran yang menempel. Baiknya, kamu bersihkan dulu wajah sebelum memakai make up. Pakai pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kulitmu berminyak, pilih pembersih yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid. Sedangkan jika kulitmu kering cari pembersih yang kaya akan emollient. Nah, jika kulitmu sensitif, pilih pembersih wajah yang mengandung hyaluronis acid. 

2. Gunakan moisturizer

Setiap jenis kulit tetap membutuhkan moisturizer. Sekering atau seberminyak apapun, kulitmu tetap butuh pelembab. Soalnya, ketika kulit wajah tidak diberi pelembab justru lapisan dermis terus memproduksi minyak. Nah, jadi semakin parah deh.

Jika kulit wajah cenderung berminyak, pilih moisturizer yang berlabel non-comedogenic atau anti komedo dan jerawat. Pelembab ini teksturnya ringan, bebas minyak dan mudah diserap.

Nah, buat kulit kering, pilih pelembab yang berlabel 'oil based' atau 'water based'. Moisturizer ini mengandung minyak atau air yang bisa melembabkan kulit wajahmu. Sedangkan kulit sensitif, pilih pelembab yang berbahan mineral atau organik. 

Mengaplikasikan moisturizer (self.com)

3. Bedak secukupnya saja

Jika kamu berpikiran bahwa semakin tebal bedak yang dikenakan, maka semakin terbebas dari kilauan minyak. Itu pikiran yang keliru. Memakai bedak yang terlalu tebal justru merangsang kulit untuk mengeluarkan minyak lebih banyak. Belum lagi, pori-pori yang tertutup bisa menyebabkan flek. Maka, pakailah bedak secukupnya saja ya. Kenakan bedak formula matte untuk pilihan make up natural.

4. Selalu bawa kertas minyak

Kertas minya adalah solusi praktis untuk menyerap minyak di wajah. Cara menggunakannya dengan menempelkannya pelan. Jangan menggosoknya karena justru mengangkat make up yang telah kamu kenakan. 

5. Menggunakan produk water proof atau long wear

Produk berlabel water proof atau long wear menguntungkan buat wanita yang bekerja atau beraktivitas seharian. Pilih produk make up yang berlabel ini. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibanding make up biasa, tetapi bisa bikin cantikmu tahan lama.

Kamu perlu tahu, bahwa meskipun harganya sedikit mahal, kalo dihitung-hitung sih sama saja. Make up biasa yang harganya lebih murah mesti kamu aplikasikan ke wajah jika sudah mulai terhapus. Sedangkan make up yang berlabel water proof atau long wear justru nggak mengharuskanmu selalu touch up. Kan sama aja ya?



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations