Terungkap! Ternyata Ini Alasan Para Ibu Susah Menurunkan Berat Badan, Sudah Tahu Belum?

Terungkap! Ternyata Ini Alasan Para Ibu Susah Menurunkan Berat Badan, Sudah Tahu Belum?

Menjadi seorang ibu merupakan momen yang banyak dinantikan dan juga diimpikan oleh banyak wanita. Namun setelah mengandung  dan melahirkan , ada masalah lain yang harus dihadapi yakni kenaikan berat badan  yang terkadang bisa sangat drastis. Tentu saja, para ibu menginginkan tubuhnya bisa kembali seperti semula.

Namun sayangnya, terkadang ada beberapa hal yang menjadi penyebab berat badan tidak kunjung turun setelah melahirkan. Terlebih, kemampuan seseorang ibu untuk menurunkan bobot tubuhnya pasca melahirkan bisa berbeda-beda. Lantas apa saja faktor yang menjadi penyebab ibu sulit untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan? Simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Stres dan Kelelahan

Foto: Ibu Melahirkan (Republika)

Dikutip dari laman HelloSehat, stres dan kelelahan merupakan hal yang umum dialami oleh ibu baru di beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Faktor ini pula yang terkadang membuat mereka jadi malas untuk makan. Sehingga, sekalinya makan mereka akan terpacu untuk menyantap makanan dengan porsi yang lebih banyak. Hal itulah yang akan menimbulkan penumpukan kalori di dalam tubuh, bahkan melebihi kebutuhan harian. Jadinya, ibu semakin sulit menurunkan berat badan.

2.    Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab stres dan kelelahan. Kondisi ini dapat menganggu kadar hormon yang bertugas menjaga nafsu makan di dalam tubuh. Stres juga bisa meningkatkan kormon kortisol (homon stres) dan menimbulkan ketidakmampuan tubuh ibu dalam mengatur metabolisme kalori secara efisien. Oleh karena itu, metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan memungkinkan lebih banyak lemak yang menumpuk di tubuh.

3.    Cadangan Lemak



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"