Suka Overthinking Sebelum Tidur? Yuk, Cegah dengan 3 Cara Ini!

Suka Overthinking Sebelum Tidur? Yuk, Cegah dengan 3 Cara Ini!

Overthinking seringkali kita alami kapan dan dimana saja. Menurut Psikolog Wirdatul Anisa, Universitas Gajah Mada, overthinking bisa membuat kita menghabiskan waktu terlalu banyak untuk hal yang merugikan.

Perilaku seperti ini biasanya cuma berujung penyesalan karena sesuatu yang terlalu kita cemaskan secara berlebihan bisa membuat kita mudah merasa sedih, gelisah atau bahkan stres.

Nah, kalo kamu sering mengalami overthinking apalagi saat menjelang tidur, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan buat mengatasinya berikut ini.

# Journaling

Beberapa tips menghadapi overthinking (pexels.com)

Menulis journal bisa menjadi kebiasaan positif buat melepaskan segala pikiran. Aktivitas journaling ini bakal ngebantu kamu buat mengalihkan pikiran dari hal-hal buruk yang sering menghantui diri.

Kamu bisa menuliskan apa pun saat journaling, entah itu mengutarakan hal-hal baik yang kamu dapatkan dari ini, menulis wishlist, harapan di waktu kedepan dan sebagainya.

Atau bisa juga kok kamu menuliskan beban-beban dalam pikiran. Atau pengalaman buruk yang sedang kamu alami. Sebab, menurut Netdoctor UK, saat kamu menuliskan hal-hal tersebut, kamu sadar kalo kejadian itu semua sudah berlalu dan kamu bisa berhenti memikirkannya.

# Meditasi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"