5 Cara Mengatasi Kebiasaan Overthinking, Demi Hidup yang Lebih Tenang dan Berkualitas

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Overthinking, Demi Hidup yang Lebih Tenang dan Berkualitas

Beberapa orang tentu pernah overthinking walau tidak sering. Namun, ada juga orang yang terus-terusan overthinking. Mereka yang overthinking biasanya diganggu rentetan pikiran yang seakan tak berhenti muncul.

Orang yang terlalu banyak berpikir mengulangi percakapan yang mereka lakukan kemarin, menebak-nebak setiap keputusan yang mereka buat, dan membayangkan akibat buruk sepanjang hari, setiap hari. Melelahkan sekali.

Nah, supaya hidupmu lebih santai, tenang, dan berkualitas, coba 5 cara menghentikan kebiasaan overthinking berikut ini:

1. Sadari Bahwa Kamu Sedang Berlebihan Memikirkan Sesuatu

Berlebihan memikirkan sesuatu (um-surabaya.ac.id)

Berpikir berlebihan bisa menjadi kebiasaan yang bahkan tidak kamu sadari saat melakukannya. Mulailah memperhatikan cara berpikirmu agar kamu bisa sadar akan masalahnya.

Saat kamu terus-menerus mengingat kejadian di benakmu, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan, akui bahwa ini tidak produktif. Berpikir hanya bermanfaat bila mengarah pada tindakan positif.

2. Tantang Pikiranmu

Sangat mudah untuk terbawa oleh pikiran negatif. Jadi, sebelum kamu menyimpulkan bahwa izin sakit akan membuatmu dipecat, atau melupakan satu tenggat waktu akan menyebabkanmu kehilangan tempat tinggal, akui bahwa pikiranmu mungkin terlalu negatif.

Ingatlah bahwa emosimu akan mengganggu kemampuanmu untuk melihat situasi secara objektif. Ambil langkah mundur dan lihat apakah pemikiranmu benar atau tidak.

3. Jadwalkan Waktu untuk "Overthinking"



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"