Mengenal 9 Penyebab Beser atau Sering Kencing pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Mengenal 9 Penyebab Beser atau Sering Kencing pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Setiap wanita memiliki jadwalnya sendiri untuk berkemih. Tetapi umumnya, buang air kecil 6-8 kali setiap 24 jam adalah hal normal. Lebih dari itu, berarti ada yang gak beres pada dirimu.

Sering buang air kecil tidak sama dengan inkontinensia, yaitu buang air kecil yang tidak disengaja yang dapat menyebabkan kebocoran. Tetapi sering buang air kecil bisa sama merepotkannya dengan kehidupan sehari-hari. Selain mengganggu rutinitas dan aktivitas, terus-menerus ke kamar mandi juga bisa membuatmu stres, terutama jika kamu tidak tahu pasti penyebabnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa penyebab beser pada wanita yang perlu kamu tahu. Jadi, nanti lebih gampang untuk mencari cara mengatasinya.

# Penyebab Beser pada Wanita

Kebiasaan, kondisi medis, dan keadaan kehidupan tertentu dapat menyebabkan seseorang menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi, terutama wanita. Berikut adalah dua belas penyebab umum sering buang air kecil pada wanita:

1. Terlalu banyak cairan

Jika kamu terus-menerus menghidrasi, tubuhmu akan membuang apa yang tidak digunakan, dan ini secara alami akan menyebabkan buang air kecil lebih sering. Kebutuhan hidrasimu tergantung pada tingkat aktivitas dan lingkungan. Tetapi jika kamu sering buang air kecil, kamu bisa saja minum lebih banyak cairan daripada yang kamu butuhkan.

2. Alkohol, kafein atau diuretik lainnya

Diuretik adalah sesuatu yang membuatmu buang air kecil lebih sering dari biasanya. Kamu mungkin akrab dengan diuretik umum seperti alkohol (bir, anggur atau minuman keras) dan kafein (kopi, teh atau pop). Pemanis buatan juga dapat bertindak sebagai diuretik. Begitu juga makanan dan minuman yang asam, seperti yang mengandung buah jeruk atau tomat.

Infeksi saluran kemih pada wanita (plus.kapanlagi.com)

3. Infeksi saluran kemih (ISK)

Kebanyakan wanita memiliki setidaknya satu infeksi saluran kemih (ISK) di beberapa titik dalam hidup mereka. ISK terjadi ketika bakteri atau sesuatu yang lain menginfeksi bagian dari sistem kemihmu, yang meliputi kandung kemih, uretra dan ginjal.

Selain sering buang air kecil, tanda-tanda ISK yaitu rasa terbakar saat buang air kecil, urin berubah warna dan terus-menerus merasa ingin buang air kecil (bahkan setelah buang air kecil). Kamu mungkin juga merasakan tekanan kandung kemih atau ketidaknyamanan di punggung atau di sekitar panggul. Demam adalah gejala lain dari ISK.

4. Vaginitis

Dengan vaginitis, vagina atau vulva menjadi meradang dan sakit. Ada beberapa penyebab kondisi umum ini terjadi. Dalam banyak kasus, beberapa jenis infeksi adalah penyebabnya. Seiring dengan nyeri dan ketidaknyamanan genital, sering buang air kecil bisa menjadi tanda lain dari vaginitis. Kamu mungkin juga merasa terbakar atau gatal saat buang air kecil. Keputihan yang putih dan tebal, abu-abu dan berbau amis atau hijau kekuningan dan berbusa juga bisa muncul.

5. Estrogen menurun

Kamu mungkin pernah mendengar tentang estrogen sebagai hormon seks wanita. Tetapi estrogen juga berperan dalam menopang sisi kandung kemih. Sebab jika kadar estrogen rendah, seperti selama menopause, kamu mungkin mengalami buang air kecil lebih sering (dan lebih mendesak) karena kandung kemih terasa penuh. Berkurangnya kadar estrogen juga bisa menyebabkan harus sering buang air kecil di malam hari.

6. Otot dasar panggul melemah

Otot-otot dasar panggul menahan banyak organ dalam sistem kemihmu, termasuk kandung kemih. Jika otot-otot ini melemah, organ-organ dapat bergeser sedikit keluar dari tempatnya dan menyebabkan lebih sering buang air kecil. Persalinan pervaginam adalah salah satu cara otot-otot dasar panggul menjadi tegang dan mulai kehilangan kekuatannya. Penuaan juga dapat menyebabkan melemahnya otot dasar panggul.

7. Diabetes

Sering buang air kecil bisa menjadi tanda diabetes tipe 1 dan tipe 2, terutama jika kamu menghasilkan banyak urin saat buang air kecil. Dengan diabetes, tubuh tidak dapat mengatur kadar gula dengan baik. Akibatnya, seringkali ada kelebihan gula dalam sistemmu yang coba dibuang oleh tubuh. Ini membantu menjelaskan mengapa sering buang air kecil merupakan tanda awal gangguan tersebut. Gejala lain seperti kelelahan, haus atau lapar terus-menerus, mulut kering atau kesemutan di tangan atau kaki juga sering muncul.

8. Kehamilan

Sangat benar bahwa wanita hamil umumnya perlu buang air kecil lebih sering dari biasanya. Rahim yang membesar memberi tekanan pada kandung kemih, yang pada gilirannya menyebabkan kandung kemih lebih sering kosong.

9. Kencing Batu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"