Kenapa Wanita Bisa Muncul Kumis? Ini Fakta-fakta dan Cara Menghilangkannya

Kenapa Wanita Bisa Muncul Kumis? Ini Fakta-fakta dan Cara Menghilangkannya

Bulu halus di wajah wanita seperti kumis  terjadi karena adanya faktor genetik atau keturunan. Misalnya ibu kandung atau kakak dan adik perempuannya juga memiliki kumis di wajahnya.

Memang banyak yang merasa aneh melihat wanita berkumis tipis. Sebut saja beberapa artis seperti Iis Dahlia, Cut Syifa, dan beberapa artis populer yang dikenal memiliki kumis di wajah mereka.

Dilansir dari Alodokter, selain karena faktor keturunan, beberapa faktor bisa dijadikan penyebab wanita tumbuh kumis di wajahnya, seperti tingginya jumla hormin androgen atau testosterone dalam tubuh mereka. Hormon jens ini normalnya lebih banyak daripada pria dan sedikit pada wanita.

Iis Dahlia Artis yang Punya Kumis di Wajahnya (Liputan6.com)

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS menjadi penyebab paling umum ketidakseimbangan produksi hormon dalam tubuh wanita. Selain sindrom ovarium polikistik, ada juga sindrom cushing yakni kondisi saat tubuh banyak memperoduksi hormon kortisol atau stress.

Efek samping seseorang mengkonsumsi obat-obatan juga bisa terjadi.  Misalnya obat kortikosteroid, minoxidil atau obat yang berisi hormon testosteron.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"