Kebiasaan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Emosional Kamu Lho! Yuk Terapkan

Kebiasaan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Emosional Kamu Lho! Yuk Terapkan

Tahukah kamu bahwa kecerdasan emosional itu sangat penting untuk pengembangan diri? Kecerdasan emosional itu merupakan sikap yang menunjang diri kita agar mampu mengelola emosi, mengontrol stres dan membangun hubungan yang kuat terhadap diri dan orang lain.

Dengan kata lain, kamu jadi lebih paham soal emosi yang bisa mempengaruhi perilakumu, karena sekitar 80% keputusan maupun tindakan yang kamu buat, ini berasal dari perasaan dan emosi.

Jadi, gimana sih cara yang tepat untuk melatih kecerdasan emosional kita dalam keseharian? Yuk simak tipsnya menurut Lifehack berikut ini!

1. Bersikap Tenang dalam Keadaan Mendesak

Ilustrasi orang sedang berdiskusi (unsplash)

Pasti hampir semua dari kamu pernah mengalami hal yang mendesak dan menegangkan sehingga membuat emosi kamu jadi gak stabil. 

Nah, cara yang bisa kamu lakukan jika berada dalam situasi ini ialah berpikir rasional dengan mengambil jeda 10 detik sebelum mengambil aksi tertentu yang didorong oleh emosi. Dengan begini, kamu jadi bisa berpikir jernih dan gak mengambil tindakan yang salah.

2. Menulis Jurnal

Selain itu, kamu bisa meningkatkan kecerdasan emosional dari menulis jurnal, lho. Ya, menulis jurnal akan menunjang kesadaran diri untuk lebih kreatif.

Kamu bisa membiasakan diri menulis jurnal di pagi hari atau malam hari. Namun, pastikan kalo tulisan di jurnalmu mencakup 3 hal seperti:

● Menulis tentang diri kamu dan perasaan saat ini,

● Apa yang kamu pelajari tentang emosi kamu beberapa hari terakhir ini,

● Tuliskan lebih spesifik mengenai fokus terhadap kecerdasan emosional seperti perkembangan dan pengelolaan emosimu.

3. Meditasi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"