7 Ciri Seseorang yang Memiliki Kecerdasan Emosi Tinggi, Coba Cek Diri

7 Ciri Seseorang yang Memiliki Kecerdasan Emosi Tinggi, Coba Cek Diri

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk menavigasi segala emosi. Baik emosi yang positif maupun yang negatif. Memiliki kecerdasan emosi memungkinkan kita memanfaatkan emosi untuk mendapatkan hasil yang positif dalam hidup. 

Sifat ini tak hanya merupakan aset di tempat kerja, namun juga akan membantu kita untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan seimbang. Berikut 7 tanda orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi:

1. Mereka menerima perubahan

Orang dengan kecerdasan emosional tidak takut akan perubahan karena mereka mempunyai perasaan diri yang tetap dan konstan dalam segala keadaan. Sebaliknya, mereka secara aktif mencari peluang baru untuk berkembang.

2. Mereka memiliki kesadaran diri yang kuat

Ciri orang yang memiliki kecerdasan tinggi (quora.com)

Ketika seseorang cerdas secara emosional, mereka bisa memahami diri mereka sendiri pada tingkat yang lebih dalam. Itu berarti mengenali kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dan kapan memerlukan bantuan orang lain.

3. Mereka menunjukkan empati terhadap orang lain

Ketika orang terhubung dengan emosinya sendiri, mereka akan lebih mampu berhubungan dengan orang lain. Mereka dapat membayangkan bagaimana perasaan mereka terhadap berbagai situasi dan memberikan dukungan yang sesuai.

Orang yang cerdas secara emosional juga bisa membaca orang lain. Mereka mengamati isyarat sosial dan emosional dan melihat melampaui apa yang dikatakan dan apa yang mungkin dialami seseorang. Mereka peduli dengan pengaruh tindakannya terhadap orang lain, dan mampu membuat prediksi agar tidak menimbulkan kerugian.

4. Mereka mengejar kemajuan, bukan kesempurnaan

Mungkin mengira bahwa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi berarti seseorang telah mencapai kesempurnaan. Pada kenyataannya, itu berarti mereka berhenti berjuang untuk mencapai keadaan yang tidak mungkin tercapai ini! Orang yang cerdas secara emosional menerima diri mereka apa adanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"