Hati-Hati! Ini 3 Ciri Self Gaslighting yang Harus Diwaspadai

Hati-Hati! Ini 3 Ciri Self Gaslighting yang Harus Diwaspadai

Apakah kamu pernah mendengar tentang self gaslighting? Sebagian orang mungkin merasa asing dengan istilah ini, namun tanpa sadar banyak orang yang sudah melakukan beberapa ciri self gaslighting pada dirinya sendiri.

Mengutip lama Halodoc, self gaslighting merupakan bentuk penekanan pikiran dan emosi pada diri sendiri. Contohnya ada seseorang yang telah mengatakan sesuatu yang menyinggung perasaanmu.

Dalam hal ini, kamu sebenarnya sadar bahwa hatimu terluka karena ucapannya. Namun, kamu buru-buru menepis perasaan tersebut, dan berpikir bahwa ucapannya sebenarnya hal yang biasa, hanya kamu yang terlalu berlebih dan sensitif.

Padahal bukan masalah besar jika kamu merasa terluka oleh ucapan seseorang. Kamu berhak merasakan perasaan tersebut, sekaligus mengekspresikannya. Jika diteruskan, ternyata self gaslighting bisa membahayakan kesehatan mental lho.

Karenanya, kamu harus melakukan deteksi dini dan melakukan pencegahan agar masalah ini tidak membahayakanmu. Nah, agar kamu lebih waspada, berikut ini ciri-ciri self gaslighting yang harus diwaspadai. Apa saja?

1. Merasa Pantas Diperlakukan Buruk

1. Merasa Pantas Diperlakukan Buruk Self Gaslighting (Halodoc)

Orang-orang yang suka melakukan self gaslighting biasanya merasa pantas diperlakukan dengan buruk. Baginya hal yang wajar orang lain berlaku buruk padanya. Padahal tidak orang di dunia ini yang pantas diperlakukan buruk oleh orang lain. Setiap orang punya hak untuk diperlakukan baik. Jadi jangan dianggap wajar ya. Mulailah menghargai dirimu sendiri karena setiap orang adalah sosok yang special.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"