Cara Menghitung SPF, Wajib Tahu Sebelum Pilih Sunscreen

Cara Menghitung SPF, Wajib Tahu Sebelum Pilih Sunscreen

Sunscreen sudah jadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan jika beraktivitas di luar ruangan. Bertugas melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, produk sunscreen memiliki kandungan SPF yang berbeda-beda. Apakah kamu sudah tahu cara menghitung SPF pada sunscreen?

Hal ini penting untuk kamu ketahui agar kamu dapat memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan kulitmu.  SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor, yang merupakan ukuran relatif untuk jumlah waktu sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari. Angka SPF biasanya hanya mengacu pada sinar UVB, namun ada juga beberapa sunscreen yang juga dapat melindungi dari UVA.

Cara Menghitung SPF (via Forbes)

Dilansir dari laman Britannica, begini cara mengetahui berapa lama kulitmu dapat terlindungi dengan sunscreen. Kalikan besar kandungan SPF dengan setelah berapa lama kulitmu akan terbakar ketika berada di luar ruangan.

Misalnya, kulitmu biasanya terbakar setelah 30 menit berada di luar dan kamu akan menggunakan sunscreen SPF 15. Jadi, 30 menit x 15 = 450 menit. Secara teknis, kamu akan terlindungi selama 450 menit atau 7,5 jam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"