Influencer Ini Ngide Bikin Sunscreen Pakai Bahan Dapur, Bahaya Gak Sih?

Influencer Ini Ngide Bikin Sunscreen Pakai Bahan Dapur, Bahaya Gak Sih?

Nara Smith, influencer sekaligus seorang model mengunggah sebuah konten di TikTok-nya memperlihatkan jika ia membuat sunscreen sendiri dari bahan-bahan dapur.

Di unggahannya yang kini mencapai 18 juta penonton itu, Nara menjelaskan jika dirinya sempat kehabisan stok losion sunscreen sebelum pergi berjemur di pinggir kolam renang.

Bersama dengan suaminya, Lucky Blue Smith, ia pun membuat sunscreen sendiri. Beberapa bahannya adalah minyak kelapa, lilin lebah, shea butter, mentega kakao dan minyak jojoba yang dilelehkan di atas api kecil.

Setelah semuanya tercampur, ia memasukkan bubuk zinc oxide, yakni bahan aktif yang biasa dipakai di losion sunscreen. Sesudahnya, mereka pun mendiamkan racikannya itu hingga membeku seperti krim.

Nara Smith (via tiktok)

"Campuran ini jadi sangat lembut dan tidak meninggalkan nida putih," kata Lucky.

Namun ternyata, reaksi netizen justru tidak begitu positif atas apa yang dilakukannya. Termasuk dokter kecantikan yang juga khawatir atas efek samping produk buatan Nara tersebut.

"Sunscreen buatan sendiri harus dihindari karena tidak ada cara untuk mengetahui seberapa efektif formulasinya dan seberapa besar perlindungan yang diberikan," Dr. Maris Garshick, dokter kulit yang berbasis di New York City, menjelaskan kepada Glamour.

Tabir surya buatan sendiri tidak memiliki pengujian dan regulasi, sehingga tidak mungkin memastikan perlindungan yang konsisten dan memadai," kata Dr. Hannah, dokter kulit yang juga setuju dengan bahayanya membuat produk sunscreen dari bahan dapur.

"Minyak kelapa dan minyak jojoba dapat menyerap sinar matahari dan justru dapat menyebabkan luka bakar," jelas Dr. Mina Amin, dokter kulit yang berpraktik di Los Angeles.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"