Ada 3 Kandungan SPF pada Sunscreen, Mana yang Cocok Dipakai di Indonesia?

Ada 3 Kandungan SPF pada Sunscreen, Mana yang Cocok Dipakai di Indonesia?

Demi menghindari efek bahaya dari sinar UV, setiap orang wajib menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang sesuai. 

Saat ini, kamu bisa menggunakan sunscreen SPF 15, 30 dan 50. SPF atau singkatan dari  Sun Protection Factor ini punya fungsi untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB. 

Nah, semakin besar angka SPF pada sunscreen, maka semakin besar pula perlindungan yang diberikan terhadap sinar UVB.

Lalu apa perbedaan SPF 15,30, dan 50? 

Menurut dr. Pandu Pradana, SpKK, sebagai dermatologist menjelaskan lebih lanjut soal perbedaan kandungan SPF pada sunscreen ini.

Persentase perlindungan SPF 15 artinya presentasi perlindungannya 93%, SPF 30,SPF 50,SPF 100 itu artinya 97%, 98%, dan 99%," jawab dr. Pandu Pradana.

Ilustrasi penggunaan sunscreen (via wolipop detik)

"Dari energi sinar matahari yang masuk 93%, berarti ada tujuh yang masuk. Kalau SPF 100, berarti ada 1 yang masuk (energi matahari). Berarti, kalau orang Indonesia minimal SPF 30 sudah cukup. Karena mempunyai kulit sawo matang, jadi tidak perlu SPF yang terlalu tinggi. Pokoknya jika kulit kamu semakin terang SPF nya sebaiknya pakai yang lebih tinggi. Karena pigmen di kulit kita ini itu sebenarnya bisa melindungi kita dari paparan sinar UV," jelas dr. Pandu lagi.

Dokter Pandu lebih lanjut membantah mitos soal SPF pada sunscreen. Menurutnya tidak benar semakin tinggi SPF, akan menyebabkan kulit berminyak.

Ia juga membantah soal mitos mengenai SPF pada sunscreen. Menurutnya pemakaian SPF tinggi sama sekali tak menyebabkan kulit berminyak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"