5 Cara Membangun Hubungan Positif dengan Anak di Usia Remaja

5 Cara Membangun Hubungan Positif dengan Anak di Usia Remaja

Membangun hubungan dengan anakmu di usia remaja bisa jadi tidak mudah. Di usia ini, anak tidak lagi mudah menuruti aturan orang tua karena anak sedang ada di fase pencarian jati diri. Lingkungan anak juga mulai berkembang, sehingga membuatnya mengenal lebih banyak hal. Pada tahap ini, kamu sebagai orang tua bisa memperluas cara berinteraksi agar tetap terjalin hubungan yang positif dan mendukung di setiap fase kehidupan anak. Kamu bisa mengambil beberapa langkah untuk mempererat ikatan emosional dengan anak seperti di bawah ini:

1. Mendengarkan dengan Penuh Perhatian

Cara Membangun Hubungan Positif dengan Anak (via Universitas Airlangga)

Salah satu cara paling kuat untuk membangun hubungan yang positif adalah dengan mendengarkan anakmu. Di usia remaja, akan banyak hal baru yang mereka temukan di lingkungan pertemanan mereka. Dengan memberikan perhatian penuh saat mereka berbicara, kamu juga menunjukkan bahwa pendapat mereka penting bagimu.

Jangan takut untuk membuka diri dan berbagi pengalamanmu kepada mereka. Jalinlah komunikasi dan terus terbuka terhadap ide dan pendapat yang mereka miliki. Terkadang, rencana dan harapan kita bisa berbeda dengan apa yang anak harapkan. Jadilah fleksibel dalam menghadapi perubahan dan tetap terbuka terhadap ide atau kebutuhan yang mungkin berubah dari waktu ke waktu.

2. Memahami Dunia Mereka



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"