3 Posisi Tidur yang Efektif Redakan Nyeri Haid, Tetap Nyaman Meski Sedang Datang Bulan

3 Posisi Tidur yang Efektif Redakan Nyeri Haid, Tetap Nyaman Meski Sedang Datang Bulan

Banyak wanita merasa lebih sulit tidur saat menstruasi. Rasanya memang gak nyaman banget yah kalau lagi datang bulan tuh. Gak perlu khawatir, kamu bisa coba beberapa posisi untuk meredakan nyeri haid supaya bisa tidur dengan nyaman. Beberapa posisi tidur ini dipercaya bisa meredakan kram dan membantumu tidur lebih nyenyak selama menstruasi.

Mari kita lihat beberapa posisi tidur terbaik untuk nyeri haid, termasuk bagaimana dan mengapa posisi tersebut dapat membantu memberikan kelegaan yang sangat kamu butuhkan sehingga kamu dapat tidur nyenyak selama haid.

1. Posisi Janin- Meringkuk Miring

Posisi janin (dailymail.co.uk)

Posisi janin mengacu pada posisi yang mirip dengan janin di dalam rahim, di sisi Anda dengan lutut terselip di dada.

Meskipun belum ada penelitian tentang topik ini, beberapa ahli kesehatan merekomendasikan tidur dalam posisi janin untuk mengurangi kram menstruasi.

Alasan di balik ini tampaknya adalah bahwa berbaring miring mengurangi tekanan pada otot perut. Tekanan yang tidak perlu pada otot perut dapat menyebabkan rasa sakit dan kram ekstra selama menstruasi.

Rasa sakit adalah respons tubuh yang sangat cerdas yang memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang perlu diubah. Rasa sakit kita meminta kita untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi di tubuh kita. Jika kamu mencoba posisi janin dan itu membantu, maka bagus; jika tidak, lihat penyesuaian kecil apa yang dapat kamu lakukan agar merasa nyaman.

2. Posisi Pemulihan- Miring, Kaki Ditekuk Satu

Berbaring miring dengan kaki bagian bawah lurus dan kaki bagian atas ditekuk ke arah perut dapat memberikan pelepasan perut yang sama seperti posisi janin, serta meningkatkan kapasitas pernapasanmu. Posisi ini memungkinkanmu mengambil lebih banyak oksigen yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas tidurmu.

Kunci kenyamanan dan relaksasi seringkali adalah dengan alat bantu. Coba letakkan bantal di belakang punggungmu dan satu lagi di antara kedua kakimu. Atau coba posisi pemulihan yang disebutkan di atas, dengan bantal di bawah kaki yang ditekuk.

3. Berbaring Telentang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"