Sepertiga Malam Itu Jam Berapa, Sih? Ini Waktu yang Tepat untuk Tahajud

Sepertiga Malam Itu Jam Berapa, Sih? Ini Waktu yang Tepat untuk Tahajud

Kamu hendak menjalankan shalat tahajud tapi masih belum tahu sebenarnya sepertiga malam itu jam berapa? Perlu diingat bahwa waktu untuk ibadah sangatlah penting bagi umat muslim. Termasuk waktu untuk menjalankan shalat tahajud.

 

Nah, biar kamu gak salah dalam menentukan waktu shalat tahajud, coba simak beberapa hadits berikut ini yuk!

 

Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa ”Pada tiap sepertiga malam terakhir Allah turun kelangit dunia lalu Ia Berfirman: “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.”.

Ilustrasi orang melaksanakan shalat (dkonten)

 

“Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta? Adakah hambaku- yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?.”

 

Hadits, riwayat Al Bukhari nomor 1145 dan Muslim nomor 758.muslimah-shalat-tahajud-_13

 

Hadits Aisyah radhiyallahu’anha, beliau berkata,

 

مِنْ كُلِّ اللَّيْلِ أَوْتَرَ رَسُول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ أَوَّلِ اللَّيْلِ وَأَوْسَطِهِ وَآخِرِهِ وَانْتَهَى وِتْرُهُ إلَى السَّحَرِ

 

“Setiap malam Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melakukan sholat witir, baik di awal malam, pertengahannya, atau di akhirnya. Dan berakhir waktu witir beliau sampai waktu sahur.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

 

Dari penjelasan ketiga hadits di atas, disebut bila waktu shalat tahajud serta berdoa untuk meminta ampunan Allah yang baik adalah saat seperti malam, entah itu di awal malam, tengah malam, atau akhir malam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"