Negara Apa yang Terletak Paling Selatan Bumi? Ternyata, Ini 10 Diantaranya

Negara Apa yang Terletak Paling Selatan Bumi? Ternyata, Ini 10 Diantaranya

Tahukah kamu negara apa yang terletak paling selatan di bumi ini? Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada banyak sekali negara yang ada di bumi. Dan dari ratusan negara yang ada, di antaranya ada beberapa yang leatknya benar-benar paling selatan bumi.

 

Bila dilihat secara geografis, Benua Antartika memang berada di ujung paling selatan dengan garis lintang 90° 00’ LS. Luasnya pun mencapai 14,2 juta km persegi dengan 98 persen merupakan daratan yang dilapisi es.

 

Dan ternyata, ada beberapa negara lainnya yang lokasinya tak jauh dari Benua Antartika ini sehingga dianggap sebagai negara paling selatan bumi.

 

Penasaran negara apa saja? Berikut 10 diantaranya:

 

1. Paraguay

Negara yang posisinya paling selatan bumi (detik)

 

Negara paling selatan bumi yang pertama adalah Yacyreta Island di Paraguay memiliki garis lintang 27°43′ LS. Yacyreta Islan sendiri adalah pulau di Itapua yang letaknya di Sungai Parana yang dipisahkan oleh Bendungan Yacyreta. Di sekitar pulanya pun hidup 400 populasi dengan masyarakat yang mayoritas adalah nelayan.

 

2. Namibia

 

Berikutnya ada negara Namibia yang lokasinya dekat dengan Onseepkans denga garis lintang 28°58′ LS. Negara ini merupakan sebuah pemukiman kecil yang berada di tepian sungai Orange, Provinsi Nothern Cape, Afrika Selatan.

 

Suhu udara di tempat ini juga benar-benar ekstrem, dimana saat musim panas suhunya bisa mencapai hingga 50 derajat celsius atau bahkan lebih dari itu. Sedangkan di musim dingin, suhunya bisa berada di bawah 30 derajat celsius.

 

3. Lesotho

 

Selanjutnya ada Quthing, dikenal sebagai kota perkemahan dengan banyak peninggalan pra sejarah ini merupakan titik paling selatan dari Lesotho. Quthing berada di 30°40′ LS.

 

4. Brazil

 

Ada pula negara di Brazil paling selatan yakni Rio Grande do Sul yang lokasinya berada di 33°45′ LS .

 

Hujan lebat maupun angin dingin barat daya seringkali terjadi di negara ini, khususnya di bulan Juni hingga September. Biasanya kondisi ini membuat wilayah Rio Grande do Sul memiliki suhu anjlok di bawah titik beku sehingga pegunungan akan bersalju.

 

5. Uruguay



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"