Voter PSSI Siapa Saja untuk Pilih Ketua Umum? Ini Daftar Lengkapnya

Voter PSSI Siapa Saja untuk Pilih Ketua Umum? Ini Daftar Lengkapnya

Kongres Luar Biasa PSSI tinggal menghitung hari. Pada 16 Februari 2023 mendatang, PSSI akan memiliki ketua umum yang baru. Proses pemilihan suara calon ketua umum dengan voting ditentukan oleh para voter PSSI yang akan menghadiri kongres tersebut. Sudah tau belum, voter PSSI siapa saja?

Dalam aturan khususnya pada pasal 34 Statuta PSSI tahun 2019 silam, ada tujuh elemen voter PSSI yang memiliki hak untuk memberikan suara dalam pemilihan Ketua Umum PSSI periode masa jabatan 2023-2027. Elemen tersebut terdiri dari Anggota PSSI dalam hal ini perwakilan klub, Asosiasi Provinsi PSSI, Asosiasi Klub Sepak Bola Wanita, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Wasit, Asosiasi Pemain, dan Asosiasi Pelatih.

Untuk klub di Indonesia adalah yang bermain dalam kompetisi Liga 1 ada 18 klub, Liga 2 terdiri dari 16 klub, dan Liga 3 dengan 16 klub. Untuk anggota Asosiasi Provinsi terdiri dari perwakilan tiap provinsi di Indonesia, jadi total ada 34 provinsi. 

Voter PSSI Siapa Saja (Bola.com)

Terkait voter PSSI siapa saja dari provinsi ada Asosiasi Provinsi atau Asprov PSSI Aceh, Asprov PSSI Sumatera Utara, Asprov PSSI Riau, Asprov PSSI Kepulauan Riau, Asprov PSSI Sumatera Barat, Asprov PSSI Jambi, Asprov PSSI Bengkulu, Asprov PSSI Bangka Belitung, Asprov PSSI Sumatera Selatan, Asprov PSSI Lampung, Asprov PSSI Banten, Asprov PSSI DKI Jakarta, Asprov PSSI Jawa Barat, Asprov PSSI Jawa Tengah, Asprov PSSI Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Asprov PSSI Jawa Timur untuk Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Kemudian di luar Sumatera dan Jawa ada Asprov PSSI Bal,i Asprov PSSI Nusa Tenggara Barat, Asprov PSSI Nusa Tenggara Timur, Asprov PSSI Kalimantan Barat, Asprov PSSI Kalimantan Tengah, Asprov PSSI Kalimantan Selatan, Asprov PSSI Kalimantan Timur, Asprov PSSI Kalimantan Utara, Asprov PSSI Sulawesi Utara, Asprov PSSI Gorontalo, Asprov PSSI Sulawesi Tengah, Asprov PSSI Sulawesi Barat, Asprov PSSI Sulawesi Tenggara, Asprov PSSI Sulawesi Selatan,  Asprov PSSI Maluku, Asprov PSSI Maluku Utara, Asprov PSSI Papua, dan terakhir  Asprov PSSI Papua Barat. 

Bagaimana dengan voter dari klub? Untuk klub yang berlaga di Liga 1 antara lain mengirim perwakilan yakni Bali United, Persib Bandung, Bhayangkara FC, Arema FC, Persebaya Surabaya, Borneo FC, PSIS Semarang, Persija Jakarta, Madura United, Persikabo 1973, Persik Kediri, Persita Tangerang, PSS Sleman, PSM Makassar, Barito Putera, RANS Nusantara FC, Persis Solo, dan Dewa United.

Untuk voter perwakilan klub di Liga 2 adalah PSIM Yogyakarta, Sriwijaya FC, PSMS Medan, PSPS Riau, Semen Padang, Persekat Tegal, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, Persijara Banda Aceh, Perserang Serang, PSCS Cilacap, Persijap Jepara, Sulut United, Persiba Balikapapan, Persewar Waropen, Kalteng Putra FC,  Karo United, dan Putra Jombang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"