Sosok Pemilik Al Hilal dan Al Nassr, Dua Klub Kaya Arab Saudi

Sosok Pemilik Al Hilal dan Al Nassr, Dua Klub Kaya Arab Saudi

Al Hilal dan Al Nassr adalah dua klub Arab Saudi berisikan pemain top dunia. Al Hilal punya Neymar sementara Al Nassr terdapat Cristiano Ronaldo. Keduanya juga menjadi klub Arab Saudi paling kaya saat ini karena bisa memberikan gaji besar kepada para pemain yang berasal dari Liga Eropa. 

Setelah Neymar dan Ronaldo gabung ke Liga Arab Saudi, kabarnya Al Hilal berencana melakukan reuni Neymar dengan mantan rekan setimnya di Paris Saint German (PSG), Kylian Mbappe. Manajemen Al Hilal siap membajak Mbappe ke Arab Saudi dengan nilai kontrak dan gaji yang cukup fantastis dan menggiurkan.

Kabarnya Al Hilal siap menjadikan Mbappe sebagai pemain dengan gaji termahal dunia dengan kontrak berdurasi setahun dengan nilai mencapai 700 juta euro atau sekitar Rp 11,6 triliun. Artinya dalam sebulan, Mbappe mendapatkan bayaran sebesar Rp 973 miliar atau nyaris Rp 1 triliun. Belum diketahui apakah Mbappe memilih untuk hijrah ke Arab Saudi atau bertahan di PSG.

Al Hilal dan Al Nassr (Bola.net)

Bisa membayar Neymar hingga Ronaldo, siapa pemilik Al Hilal dan Al Nassr? Kabarnya saham klub-klub itu dimiliki oleh Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman putra dari Raja Salman, raja Arab Saudi. Mohammed memang dikenal menyukai sepak bola dan memutuskan untuk investasi uang yang sebagian kecil dari kekayaannya untuk Al Hilal dan Al Nassr.

Mohammed diketahui menjadi investor kedua klub lewat Public Investment Funds atau PIF yang dipimpinnya dengan total saham kepemilikkan mencapai 75 persen. PIF adalah yayasan yang menampung kekayaan Arab Saudi dengan total aset mencapai 700 miliar dollar AS. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1971 dan dikenal jadi sumber investasi di pemerintah Arab Saudi.

PIF tidak hanya membiayai Al Hilal dan Al Nassr saja. Sebab mereka mulai melirik untuk bermain dalam industri sepak bola Liga Inggris. PIF jadi pemilik saham mayoritas Newcastle United sejak tahun 2021 lalu. Newcastle United menjadi salah satu tim kuda hitam di Inggris dan mulai mendatangkan pemain-pemain top eropa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"