Segini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Lakukan Push Up

Segini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Lakukan Push Up

Push up merupakan gerakan olahraga yang banyak dilakukan orang meski hanya di rumah saja. Tetapi mungkin belum banyak yang tahu berapa jumlah kalori yang terbakar saat push up dilakukan. Memang push up bisa membakar kalori dalam tubuh namun jumlah kalori yang terbakar berbeda karena disesuaikan dengan durasi waktu push up itu sendiri.

Push up menjadi salah satu gerakan untuk membantu pembakaran kalori yang sangat cepat. Selain durasi push up yang juga mempengaruhi kalori terbakar adalah berat badan, teknik push up yang dilakukan, apakah gerakan push up benar atau tidak, dan masih ada beberapa faktor lainnya. 

Jumlah kalori yang terbakar dalam push up sebanyak 13 kalori per menitnya. Jadi jika push up dilakukan dengan benar, untuk menghitung jumlah kalori tinggal dihitung berapa menit melakukan push up dikalikan dengan 13. Misalnya push up selama 30 menit berarti sekitar 390 kalori yang terbakar.

Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Push Up (Australian Fitness Academy)

Terkait jumlah kalori yang terbakar saat push up, seseorang dengan berat badan 70 kilogram dan melakukan push up selama 5 menit bisa membakar kalori sebanyak 49 kalori. Jika dilakukan selama 10 menit bisa membakar kalori sebanyak 98 kalori, dan jika push up dilakukan selama 15 menit maka akan membakar kalori sebanyak 147 kalori. Perhitungan itu hanya prediksi dan perkiraan.

Lalu apa saja manfaat melakukan push up? Pembakaran kalori saat push up mendorong adanya penurunan berat badan. Maka banyak orang melakukan push up supaya berat badannya menjadi turun. Bayangkan saja jika melakukan push up minimal 15 menit sehari. Tentu usaha untuk menurunkan berat badan semakin nyata.

Selain ampuh untuk menurunkan berat badan, push up bisa mengencangkan beberapa otot dalam tubuh. Seperti bagian tungkai, bokong, perut, lengan, dan payudara untuk wanita. Keseimbangan tubuh juga akan terjaga apabila rutin melakukan push up dan cedera terjatuh pun akan terhindar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"