Segini Bayaran Marshal di MotoGP Mandalika

Segini Bayaran Marshal di MotoGP Mandalika

Marshal MotoGP Mandalika yang bertugas di Sirkuit Mandalika mendapatkan pujian setinggi langit. Para pembalap dan tim konstruktur menilai marshal MotoGP Mandalika cekatan saat membantu pembalap yang mengalami masalah pada motornya hingga alami kecelakaan saat balapan.

Kabarnya marshal MotoGP mendapatkan bayaran sekitar Rp 150 ribu per hari. Uang itu belum termasuk biaya makan dan minum selama berada di Sirkuit Mandalika. Uang yang didapat Marshal baru cair setelah MotoGP Mandalika berakhir. 

Jika dihitung Rp 150 ribu per hari maka dalam tiga hari balapan maka marshal mendapatkan bayaran sekitar Rp 450 ribu. Kabarnya semua marshal di MotoGP Mandalika berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Semuanya ingin menjajal pengalaman menjadi marshal karena selain dapat uang, marshal bisa dekat dengan para pembalap dari Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Bayaran Marshal di MotoGP Mandalika (GridOto.com)

Tanggung jawab menjadi marshal MotoGP memang sangat besar. Secara garis besar tugas marshal di setiap sirkuit MotoGP sama. Para marshal di sirkuit ini menempati tempat-tempat strategis dalam lintasan, misalnya berada di garis start dan finish, tikungan tajam, atau di bagian pitlane. 

Tugas dan fungsi marshal sirkuit ternyata terbagi atas beberapa bagian. Marshal sirkuit terbagi atas empat jenis, yakni Trackside Marshal, Flag Marshal, Starline Marshal, dan Pitlane Marshal. Trackside marshal adalah marshal yang memiliki tugas untuk membantu menjaga dan memastikan lintasan balap terbebas dari hal-hal yang bisa membahayakan pembalap, misalnya ada penonton masuk ke dalam lintasan, marshal harus mencegah kejadian seperti itu.

Sementara Flag Marshal yang masuk dalam kategori ini memiliki tugas dengan memberikan sinyal atau tanda penting kepada para pembalap yang sedang melakukan balapan di lintasan. Misalnya saja jika terjadi kecelakaan atau sesuatu di lintasan yang membahayakan pembalap, mereka akan mengibarkan bendera berwarna kuning.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"